Suku Kamoro Kampung Poronggo Timika Papua, yang Cinta Alam Dan Sedikit Bicara

by -562 Views
Firdaus Marungku tokoh masyarakat Kamoro Kampung Poronggo
iklan aston

Mimika, seblang.com – Suku Kamoro merupakan salah satu suku asli yang mendiami Kabupaten Mimika, Suku ini tersebar wilayah pesisir pantai, mulai dari Mimika bagian timur hingga Mimika barat. Salah satunya di Kampung Poronggo, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Firdaus Marangku, tokoh masyarakat Kamoro kampung Poronggo mengatakan,  masyarakat Kamoro selalu hidup berdampingan dengan alam. Dan identik erat dengan sagu, sungai,dan sampan (perahu).

iklan aston

“Sagu itu makanan pokok kami, dan kami memiliki dusun (kebun) sagu yang ada di setiap kampung di atas tanah hak Ulayat. Jadi kita yang tanam itu sagu to di sana,” katanya.

Ia juga menyampaikan selain bertani masyarakat Kamoro juga biasa mencari ikan menggunakan sampan atau perahu di aliran sungai maupun pantai.

Iyo kita tangkap ikan to di sungai dan di lautan, ikan apa saja yang bisa kami tangkap. Kadang karaka (kepiting bakau), kerang ah apa saja sudah, biasa disini kita dapat karaka harganya juga lumayan mahal to su gampang carinya,” ujar Marungku.

Marungku juga menuturkan terkadang ketika ada arus dan ombak besar, masyarakat Kamoro juga berburu hewan di hutan untuk sekedar memenuhi kebutuhan logistik sehari-hari.

Sampan/perahu suku Kamoro

“Kami juga berburu kadang-kadang to, ombak besar,arus sungai naik, kami berburu hewan di hutan biasa dapat babi, rusa,dan lain lain,” tuturnya.

Di Kampung Poronggo kita akan menjumpai bangkai kapal rusak, gunungan pasir, serta alat berat terbengkalai yang dapat menyita perhatian. Ternyata pemandangan tersebut merupakan bekas tambang pasir besi yang ditutup sejak 2017 silam. Karena hal tersebut keindahan kampung peronggo berubah menjadi gundukan pasir serta lobang bekas tambang./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.