Ini Cara SDN 4 Penganjuran Banyuwangi Menciptakan Transisi Halus Kebiasaan PAUD ke Jenjang SD

by -400 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Menindaklanjuti anjuran dari Kementerian Pendidikan RI bahwasanya transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke jenjang Sekolah Dasar (SD), SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi menggelar program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi,  Dosi Yudha Priangga, salah satu program yang dilaksanakan untuk hari pertama para siswa langsung mendapatkan materi Membaca Menulis dan Berhitung (Calistung).

iklan aston

“Untuk peraturan yang baru  tahun ajaran 2023/2024 sekarang  selama 2 minggu murid baru kelas 1 akan mengikuti program MPLS untuk lebih mengenal lingkungan sekolah,” jelas Dosi.

Menurut dia pendidikan kurikulum kelas 1 sudah mengharuskan untuk bisa Calistung maka dengan diadakannya MPLS dengan agenda yang sudah ditentukan tujuannya dari kebiasaan anak PAUD ke SD itu tidak kaget dengan adanya perubahan.

Di mana ketika mereka di PAUD adalah dunia anak bermain,  ketika masuk SD langsung berubah total. ” Sehingga SD 4 Penganjuran melakukan transisi yang lebih halus dalam merubah kebiasaan dari anak-anak yang bermain di TK itu menuju ke SD agar anak-anak tidak merasa kaget dengan mengikuti kegiatan MPLS selama 2 minggu,” imbuh Dosi.

Dia menambahkan materi yang diberikan antara lain; perkenalan siswa dengan wali kelasnya sendiri, kepala sekolah, guru mata pelajaran dan fasilitas sekolah apa saja.

Selain itu juga diadakan program test ringan untuk pemetaan anak-anak. Karena jika tidak ada pemetaan kelas dikhawatirkan adalah jika satu kelas ada anak yang sangat pintar, pintar dan mempunyai kemampuan lebih. Sementara disisi lain ada kelas yang  kemampuan anak-anaknya di bawah rata-rata.

Jadi fungsinya agar bisa termotivasi dikelas tersebut.

Selain itu sekolah juga mengajarkan  ibadah dan kebiasaan positif lainnya seperti menerapkan program 5 S (Senyum Sapa Salam Santun dan Sopan).

Adapun pelaksanaan program MPLS sesuai dengan aturan dan ketentuan Kementerian Pendidikan RI selama 2 minggu 17 – 29Juli 2023.Sedangkan jumlah peserta adalah siswa baru yang totalnya ada 112 anak yang terbagi  menjadi 4 kelas.

Karena waktu MPLS nya lebih lama seandainya materi bisa dipadatkan akan lebih baik. Misalnya satu minggu sudah selesai maka anak-anak bisa langsung mengikuti program pembelajaran di kelas 1, imbuh Dosi.

Namun untuk sisi positif nya memang kegiatan MPLS ini menjadi transisi yang sangat soft untuk anak-anak sehingga mereka sendiri pun tidak merasa berat akan perpindahan PAUD ke jenjang SD.

Lebih lanjut dia berharap kesan pertama anak-anak masuk sekolah lebih menyenangkan dengan pengenalan lingkungan sekolah sehingga berdampak baik akan psikologi pada peserta kedepannya

“Tujuan transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan dan jangan sampai terjadi perbedaan kemampuan bagi tiap-tiap peserta didik baru di SD Negeri 4 Penganjuran Banyuwangi,” pungkas Dosi./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.