Bangga! Tampilan Tim Seni Budaya Banyuwangi Membuat Nuansa BEN Carnival 2023 Terkesan Sakral

by -828 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Tim Seni Budaya Banyuwangi yang menampilkan kesenian tradisi adat suku Oesing ikut memeriahkan panggung megah Blitar Ethnic National (BEN) Carnival Tahun 2023 pada Sabtu (15/07/2023).

Penampilan tim seni yang tampil dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar mampu memunculkan nuansa magis dalam atraksi di panggung.

iklan aston

Aroma harum dari dupa jenis kemenyan pun semerbak sehingga mampu menarik semua penonton tertuju pada tampilan Tim Seni Budaya yang terkesan sakral ini.

Even seni budaya yang mengusung tema “Blitar Keren Adiwara Indonesia” dihadiri Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq.

“Dari segi tampilan sangatlah bagus, ini merupakan konsep memperkenalkan seni budaya di Indonesia. Dari sisi pembagian tugas SKPD terlihat sangat real, jadi tiap bagian harus bertanggungjawab atas suguhan tampilan yang akan di performkan,” ujar Ainur Rofiq dalam rilis yang dikirimkan pada Minggu (16/07/2023).

Tim seni dan budaya Kabupaten Banyuwangi menampilkan Barong Ider Bumi seperti yang biasa dimainkan oleh masyarakat Suku Oesing di desa Kemiren, kecamatan Glagah Banyuwangi.

“Meski para penarinya bukan orang asli Banyuwangi namun sudah terlihat bagus meski ada beberapa unsur yang belum maksimal. Secara tampilan sudah sangat memukau penonton. Mereka semua dilatih khusus oleh para seniman Banyuwangi. Namun untuk musik pengiringnya asli dari seniman Banyuwangi,” imbuh Alumni Fisip Universitas Jember itu.

Gelaran even BEN Carnival Tahun 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Jawa Timur berlangsung meriah. Pasalnya, panggung utama start di depan Kantor DPRD Kota Blitar, melintasi jalan Ahmad Yani dan jalan Merdeka Kota Blitar dipenuhi penonton.

Pelaksanaan BEN Carnival ini merupakan gelaran kedua setelah even pertama sukses digelar pada tahun 2022 lalu.

Kegiatan BEN Carnival Tahun 2023 menampilkan 58 grup seni, budaya, adat istiadat dan tradisi dari suku bangsa yang ada di Indonesia. Juga dihadiri perwakilan dari beberapa Pemkab dan Pemkot di Indonesia antara lain; Kabupaten Banyuwangi, Tabalong Kalimantan Selatan, Kota Singkawang dan perwakilan dari beberapa daerah.

Antuasiasme ribuan warga kota Blitar dan sekitarnya sangat terlihat dalam menyaksikan event yang menampilkan aneka ragam tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada BEN Carnival tahun 2022 para peserta hanya menempuh jarak sekitar 800 meter. Dalam edisi kedua rutenya disiapkan menjadi lebih panjang yakni 1,2 kilometer.

Sementara Wali Kota Blitar, H. Santoso, menyampaikan, tahun ini BEN Carnival memiliki makna yang istimewa, karna ada 9 kabupaten/kota yang mengirimkan delegasi dan menampilkan tim seni budaya kesenian mereka. Termasuk ada beberapa WNA yang ikut berpartisipasi.

“BEN Carnival 2023 ini adalah salah satu upaya Pemkot Blitar untuk mengimplementasikan ajaran Trisakti Bung Karno yaitu berkepribadian dalam bidang kebudayaan,” jelas Santoso.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.