Jojo, Pandai Besi dari Desa Olean Situbondo Pasarkan Produknya Secara Online sampai Tembus Internasional

by -1064 Views
Jojo dengan produk buatannya
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Industri kecil menempati posisi strategis dalam kebijaksanaan pembangunan nasional karena industri kecil mempunyai karakteristik yang lebih banyak menggunakan tenaga kerja dibandingkan modal dan peralatan.

Pembangunan sektor industri sangat penting untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi angkatan kerja, laju serta kualitas pertumbuhan ekonomi. Salah satu peluang yang dapat dikembangkan untuk memperkuat perekonomian adalah industri Kerajinan Pandai Besi.

iklan aston

Seperti halnya Jojo (45 tahun) Asal Dusun Kandang Selatan Desa Olean Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, yang mempunyai keahlian turun menurun dalam bidang Pandai Besi sudah bisa memasarkan dari hasil karyanya melalui via Online yaitu FB, IG dan YouTubenya (zibond blade maker) sehingga bisa tembus pasaran internasional dan harga bervariasi tergantung dari kualitas.

Namun meskipun hasil dari karyanya sudah bisa dikirim ke luar negeri Jojo panggilan akrabnya masih belum bisa memuaskan para customernya dikarenakan alat pembuatan dari kerajinannya masih secara manual dan butuh waktu lama untuk membuat sebuah bahan seperti pedang atau samurai.

“Banyak yang pesan hasil karya saya melalui online, baik dari Negara America, Swiss, Rusia dan juga ada dari negara cina dan lain lain, karena menurut para pemesan karya saya sangat alami dan penuh inovatif, bukan hasil dari alat mesin yang canggih melainkan dari alat manual,” ucap Jojo Pengrajin Pandai Besi. Sabtu, (8/7/2023).

Lebih lanjut, jika dirinya menggeluti dunia Pandai Besi sejak tahun 1990 sampai hari ini.

“Ini suatu bentuk pekerjaan tetap bagi saya, meskipun saya hanyalah lulusan SD saya masih bisa melakukan apa yang sudah menjadi bakat saya yang diwariskan oleh leluhur saya, sehingga bisa menjadi pekerjaan tetap bagi saya sebagai pengrajin Pandai Besi,” jelasnya

Dan dirinya berharap nantinya jika ada suatu kepedulian dari pemerintah daerah untuk bisa menopang atau membantu suatu peralatan yang diinginkannya dirinya yakin bisa sedikit membantu untuk mengatasi pengangguran yang ada di lingkungannya.

“Insaallah jika bisa dibantu oleh pemerintah daerah saya bisa membesarkan usaha saya dan bisa banyak memperkerjakan orang yang ada disekitar lingkungan saya,” harapnya. //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.