BMKG: Banyuwangi Diprediksi Akan Dilanda Hujan Serta Angin Kencang Hingga 5 Juli 2023

by -675 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kabupaten Banyuwangi diperkirakan akan dilanda hujandengan intensitas ringan hingga sedang dalam tiga hari ke depan. Hal itu dibenarkan oleh Badan meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (02/07/2023).

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi menjelaskan penyebab terjadinya hujan tersebut dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang cenderung tidak stabil. Dimana ada sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Banten. Kondisi ini berpotensi mempengaruhi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia.

iklan aston

“Maka dari itu hujan dengan durasi lama itu melanda hampir seluruh kecamatan di Banyuwangi beberapa hari terakhir ini. Padahal di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini sudah memasuki musim kemarau,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, Minggu (02/07/2023).

Selain itu, ada perlambatan kecepatan angin atau disebut dengan konvergensi, disitu dia akan membentuk awan-awan hujan di sepanjang daerah yang dilewati.

Sedangkan, kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang terdampak fenomena tersebut. Kondisi atmosfer ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan hampir di 25 kecamatan dan ini hampir merata di Banyuwangi.

“Kami, prediksi  hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan dirasakan dua hingga tiga hari kedepan. Setelah itu akan normal kembali masuk musim kemarau,” ujarnya.

Maka dari itu, masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi yang bisa ditimbulkan akibat perubahan cuaca tersebut. Seperti petir dan angin kencang.

“Waspada potensi angin kencang dan petir. Serta saat perjalanan di darat juga hati-hati jalanan licin dan pohon tumbang, karena curah hujan meningkat,” cetusnya.

Sementara itu, Pihaknya juga mengimbau masyarakat di wilayah pesisir selatan Banyuwangi untuk turut waspada. Karena potensi gelombang tinggi diprediksi mencapai hingga 4 meter selama periode cuaca yang tidak menentu ini.

Sehingga, wisatawan yang beraktivitas di pantai serta nelayan yang melaut harus mewaspadai dengan gelombang tinggi. Sebab, potensi tinggi gelombang bisa mencapai hingga 4 meter./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.