Dengan Contoh dan Keteladanan Pengurus MUI Kecamatan Glagah Mengajak Umat Islam Untuk Berkurban

by -828 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang,com – Jajaran pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Glagah terus berupaya memberikan contoh dan teladan bagi warga masyarakat untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban dalam Idul Adha 1444 Hijriyah. Seperti yang dilaksanakan di Masjid Baitul Mu’minin desa Kenjo Kecamatan Glagah pada Sabtu 29 Juli  2023 pagi.

Menurut Ketua MUI Kecamatan Glagah KH  Mahfu’ Ali,  korban yang dilaksanakan merupakan kali kedua bagi MUI setelah tahun sebelumnya menyerahkan hewan korban kepada Takmir Masjid yang ada di desa Kemiren.

iklan aston

“Kami berharap dengan contoh dan teladan yang ada  mampu menumbuhkan kesadaran dan semangat umat Islam pada umumnya, secara khususnya bagi umat Islam  di wilayah Glagah supaya tahun depan mau berkurban.  Mengingat manfaatnya yang luar biasa baik sebagai wujud ketakwaan sebagai umat Islam maupun nilai-nilai sosial terkait kebersamaan persatuan dan gotong royong serta semangat berbagi untuk mereka yang membutuhkan,” jelas KH Marfu’.

Lebih lanjut Kiai asal desa Paspan itu menambahkan,  dalam 2 tahun ini MUI  dari perwakilan Nahdlatul Ulama Muhammadiyah dan LDII sepakat untuk gotong royong atau syirkah, patungan membeli sapi  yang diserahkan secara bergantian di semua desa/ kelurahan yang ada di wilayah Glagah.

“Harapannya korban yang kami mampu menjadi stimulus atau motivasi bagi umat Islam lain yang ada di wilayah Glagah untuk mau ibadah korban dengan memotong hewan korban secara sendiri atau patungan untuk disembelih. Selanjutnya daging kurban dibagikan pada masyarakat sekitar,” tambah KH Marfu’.

Sementara kepala desa (Kades) Kenjo, Ahmad Sofyan menuturkan tahun ini bersama dengan MUI, GP Ansor dan IPPNU serta warga desanya mencetak sejarah mampu melaksanakan hewan korban yang terbanyak.

Dia mendukung program dan ajakan ddari pengurus MUI Kecamatan Glagah untuk melaksanakan ibadah sunnah di bulan Idul Adha atau lebaran haji dengan memotong hewan kurban sebagai bentuk ketakwaan dan membangun kesalehan sosial bagi masyarakat.

“Alhamdulillah berkat teladan dan ajakan yang diberikan  pengurus MUI Glagah dengan melibatkan warga desa mampu menyembelih 5 ekor sapi. Sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa Kenjo,” jelas Sofyan.

Dia menuturkan berdasarkan informasi dari Takmir Masjid dan IPPNU yang membantu pembagian daging, kupon yang dibagikan merata di semua kampung sehingga lebih berkah.”Semoga tahun depan semakin banyak warga dan jamaah yang termotivasi untuk berkorban. Program MUI Glagah bisa menular di desa/kelurahan lain sehingga semakin banyak warga yang berkorban. Semakin banyak warga yang sejahtera dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat desa yang lain,” pungkas Sofyan./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.