Seleksi Rampung, PFA Mendapatkan 30 Nama Pemain Sepakbola Terbaik Papua

by -193 Views
iklan aston

Timika, seblang.com-Tahapan seleksi telah rampung Papua Football Academy (PFA) mendapatkan 30 nama pemain terbaik. Proses seleksi tersebut berlangsung selama empat hari di Stadion Mandala, kota Jayapura, Senin (26/06/2023).

Wolfgang Pikal, Direktur PFA menyampaikan, sebelum 30 pemain itu masuk markas PFA di Mimika Sport Complex (MSC) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mereka akan menunggu lagi hasil tes kesehatan oleh tim teknis.

iklan aston

“Sebenarnya target kita positif dapat beberapa anak yang punya bakat sangat bagus, dan sekarang untuk tim teknis telah mengambil keputusan menentukan 30 anak terbaik, tapi masih tunggu hasil dari medical check dan hasil tes psikologi, itu bukan kriteria utama, tapi kita harus pertimbangan aspek itu juga,” katanya.

Hasil medical check up 30 anak tersebut akan memakan waktu selama dua minggu lamanya. “Kurang lebih kita akan menentukan hasilnya dalam dua minggu ke depan. Kalau tes kesehatan sudah selesai, cuma yang tes psikologi itu harus dianalisis lagi data yang didapat dan memakan waktu hingga dua minggu, agak lama memang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelatih PFA, Ardiles Rumbiak mengatakan, cari bakat PFA merupakan langkah awal dalam melihat sejauh mana perkembangan pembinaan sepakbola usia dini di Papua.

“Untuk secara keseluruhan saya sangat senang ini merupakan langkah awal dan hal seperti ini yang harus kita lakukan di Papua. Kita harus banyak melihat dari usia pembinaan, tetapi bukan di satu tempat saja, untuk itu PFA ini merupakan program yang sangat baik, karena kita bisa melihat di seluruh kabupaten punya kesempatan melihat bakat potensi yang luar biasa dari anak-anak ini,” ujar Ardiles.

Ia menambahkan, setelah dirampungkan proses cari bakat 30 anak yang dinyatakan lolos direncanakan masuk camp PFA pemain kelahiran 2009 lebih dahulu.

“Mungkin bisa diakhiri Juli atau Agustus, kita masih menunggu hasil psikologi karena sedikit lama. Tinggal kita sinkronkan, kira-kira teknis di lapangan menjadi pertimbangan juga untuk kesehatan dan ortopedi, serta dari sisi psikologi itu yang menjadi poin-poin utama untuk kita bisa memilih anak-anak masuk di PFA nantinya,” tambahnya.

Sebelumya dipimpin Direktur Akademi, Coach Wolfgang Pikal tim pelatih dan staf Papua Football Academy telah menggelar PFA Cari Bakat 2023 di 7 lokasi dari 8 kota dan kabupaten di 3 provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Tengah, dan Papua Selatan. delapan kota tersebut antara lain Mimika, Nabire,dan Jayapura selama Mei hingga Juni 2023 diikuti sebanyak 1.445 peserta./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.