Sambut HUT Bhayangkara ke-77,  Kapolresta Banyuwangi Lepas Tukik sekaligus Tabur Bunga di Selat Bali

by -122 Views
iklan aston

Banyuwangi – seblang.com – Kapolresta Bayuwangi Kombes. Pol. Deddy Foury Millewa, SH., S.I.K., M.I.K., didampingi jajarannya melaksanakan kegiatan pelepasan tukik di pesisir Pantai Marina Boom Banyuwangi, sekaligus tabur bunga di Selat Bali, Selasa (27/06/2023). Kegiatan ini termasuk rangkaian acara dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77.

Sekitar pukul 07.00 WIB, kegiatan pertama diawali pelepasan 77 tukik bersama Pramuka Saka Bhayangkara di pesisir pantai kebanggan masyarakat Banyuwangi. Harapannya, penyu di alam yang terancam punah dapat terus lestari.

iklan aston

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga yang mendapatkan kawalan langsung Kasatpolairud Polresta Banyuwangi.

Dengan Menumpangi Kapal Polisi X-2001, Kapolresta Banyuwangi bersama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Banyuwangi, beserta jajaran berlayar ke Perairan Selat Bali. Tak lupa rombongan juga mengenakan life jacket sebagai safety pelayaran.

Tak hanya itu, Kapal Polisi X-1033 dan Kapal Polisi X-1055 juga dikerahkan untuk mengangkut anggota dan jajaran Polresta Banyuwangi lainnya. Kegiatan tabur bunga itu pun berlangsung hikmat

Dalam sambutannya Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, S.H., S.I.K., M.I.K., menyampaikan, HUT Polri ke-77 ini mengangkat tema “Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas”.

Lebih lanjut Kapolresta mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud nyata Hablum Minallah, Hablum Minannas, dan Hablum Minal Alam.

Kapolresta juga menyampaikan bahwasannya ada tujuh jenis penyu di dunia. Enam diantaranya terdapat di Indonesia. Yakni, Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Tempayan (Caretta), Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate), Penyu Lekang (Lepidochelys Olivacea), dan Penyu Pipih (Natator Depressa).

“Pelepasan tukik dan tabur bunga merupakan serangkaian Hut Bhayangkara ke 77. Pelepasan tukik ini merupakan bentuk pelestarian penyu di Banyuwangi,” terang Kapolresta Banyuwangi.

Sementara itu, Kasat Polairud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade, S.I.K, M.H., mengatakan, kegiatan pelepasan tukik yang dilaksanakan oleh Polairud Polresta Banyuwangi ini bekerjasama dengan penggiat konservasi penyu. Kegiatan tersebut juga dihadiri warga pesisir, tokoh masyarakat, perhubungan dan adik-adik Pramuka Saka Bhayangkara.

“Kegiatan berjalan aman dan lancar,” terang Kasatpolairud Polresta Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.