Kirap Budaya HUT Kota Mojokerto Ke 105, Hadirkan Seni Budaya dari 10 Kota Di Jatim

by -339 Views
Wartawan: Budi Widayat
Editor: Herry W. Sulaksono
Ning Ita, Walikota Mojokerto, mengendarai kereta kencana dalam kirab budaya Mojo Bangkit menyapa masyarakat yang menonton.
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – Rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mojokerto ke 105 tahun ini semakin semarak. Salah satunya dengan gelaran Kirab Budaya “Mojo Bangkit”, yang menyajikan kreasi seni budaya Majapahitan hingga seni modern dari 10 kota di Jawa Timur. Acara ini pun mendapat apresiasi dari puluhan ribu warga Kota Mojokerto dan sekitarnya.

Kirab Budaya Mojo Bangkit dari Aloon Aloon Wira Raja Kota Mojokerto melintasi jalan Mojopahit, jalan Bhayangkara sampai Depan Kantor Pemkot ini, menyajikan ratusan kreasi seni budaya dari 550 peserta.

iklan aston

Diantaranya dari Kabupaten Sidoarjo menyajikan tari jenggolo manik dengan 40 personel, Kota Surabaya tari sawunggaling dimainkan 25 personel, dari Banyuwangi menyajikan kesenian kebo keboan, dari Kabupaten Jombang, Sendra tari sendri tari satriyo dan kebo anabrang 30 personil, dari Kabupaten Ponorogo seni reog oleh 35 orang.

Dari Madiun karnaval dongkrek melibatkan 30 orang, dari Kabupaten Mojokerto seni bantengan sebanyak 50 personel, dari Kabupaten Malang, Karnival srikandi futuristik diperankan 45 orang, serta dari Kota Mojokerto juga menampilkan tampilan seni budaya dan karnaval perjuangan ala Jendral Sudirman dan Soekarno kecil.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada para kontingen dari berbagai kabupaten dan kota yang sudah hadir menyemarakan acara Kirab Budaya Mojo Bangkit kali ini.

“Saya sampaikan terima kasih, supportnya kepada pemerintah kabupaten kota yang sudah mengirimkan kontingen budayanya untuk ikut memeriahkan Kirab Budaya Mojo Bangkit dalam rangka HUT Kota Mojokertoke 105,” kata Walikota dalam sambutanya.

Ika Puspitasari, yang akan disapa Ning Ita ini juga minta doa restu kepada seluruh masyarakat Kota Mojokerto, untuk bersama sama mendoakan supaya Kota Mojokerto lebih sukses.

“Agar masyarakat semuanya ikut mendoakan dan kesuksesan Kota Mojokerto untuk Kota Mojokerto hebat, kuat, melesat,” pungkas Ning Ita

Usai menyampaikan sambutanya, pukul 14.00 WIB, Ning Ita langsung memberangkatkan kirab budaya Mojo Bangkit./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.