Kasus Pembunuhan Siswi SMP Di Mojokerto Dilimpahkan Polresta Mojokerto Ke Kejaksaan

by -319 Views
Tersangka AA (15) saat dilimpahkan ke Kantor Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto, Selasa (27/06/23)
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – Tim Penyidik Satreskrim Polres Mojokerto Kota melimpahkan kasus pembununan Aura Enjeli (AE) (15) siswi SMP Negeri Kemlagi, ke Kejaksaan Negeri Kota Mojokerto, Selasa (27/0623). Penyerahan Berkas Acara Pidana (BAP) sekaligus bersamaan dengan penyerahan tersangka pembunuhan, yakni AA (15) pelaku yang juga masih berstatus siswi SMP satu kelas dengan korban.

Proses pelimpahan BAP dan tersangka AA sekitar pukul 09.30 WIB. Tersangka dibawa menggunakan mobil oleh penyidik Unit PPA Polresta ke kantor kejari Jalan Bypass Mojokerto. Barang bukti terkait kasus  pembunuhan ini juga diserahkan, di antaranya sejumlah HP, karung, dan pakaian. Tersangka ditahan selama 10 hari untuk proses hukum. Dalam proses tahap II ini penyidikan itu mendapat pendampingan langsung dari tim balai pemasyarakatan (bapas).

iklan aston

Polesta Mojokerto dalam kasus pembunuhan ini AA masih berstatus sebagai anak karena belum berusia 18 tahun. Sehingga proses hukunya mengacu pada UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Sehingga penahanan AA selama proses penyidikan hanya berlaku 15 hari. Sedangkan untuk proses petuntutan di kejaksaan hanya selama 10 hari. Setelah masa penahanannya habis, kasusnya akan melimpahkan ke pengadilan.

AA dijerat Pasal 340, 338, 365 KUHP, dan Pasal 80 ayat 2 juncto Pasal 76C UU tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumanya maksimal pidana mati, penjara seumur hidup, atau maksimal 20 tahun penjara. Namun dengan merujuk pada undang-undang tentang sistem peradilan pidana anak, kata ancaman hukuman terhadap AA maksimal adalah 10 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, setelah tak pulang hampir sebulan, Aura Enjelie alias Rara, (15) siswi SMP warga Dusun Gapuro, Desa Mojojajar,  Kecamatan Kemlagi, ditemukan tewas di sebuah parit, dekat rel KA Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko,  Senin (12/06/23) malam. Korban meninggal dibunuh oleh dua pelaku yang tak lain temannya sendiri./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.