Valentinus Sudarjanto Suminto, Dilantik Jadi Bupati Mimika

by -888 Views
Girl in a jacket

Timika, seblang.com – Sudarjanto Suminto yang sebelumnya adalah PJ Sekda Provinsi Papua Tengah, dilantik sebagai bupati kabupaten Mimika oleh PJ Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, di Aula Kantor Pemprov Papua Tengah, Kota Nabire, Selasa (20/6/2023) kemarin.

Hal ini berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (KEMENDAGRI) nomor 1.2.1.3-1263/2023 Tentang Pengangkatan Penjabat bupati Mimika Provinsi Papua Tengah.

iklan aston

Dalam pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat daerah provinsi Papua Tengah, diantaranya LO Polda Papua Tengah Gustav Urbinas dan Wakil Ketua I DPRD Mimika Alex Tsenawatme.

Sebelumnya Kabupaten Mimika dipimpin Eltinus Omaleng sebagau Bupati dan Johannes Rettob sebagai wakil. Keduanya dilantik pada tanggal 6 September 2019 setelah menang Pilkada tahun 2018.

Kemudian pada September tahun 2022, Eltinus Omaleng ditangkap KPK di Jayapura atas dugaan korupsi pembangunan gereja kingmi di mile 32 Mimika. Status Eltinus Omaleng kemudian dinonaktifkan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Johannes Rettob kemudian ditetapkan menjadi Plt Bupati Mimika, namun kemudian dijerat atas dugaan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter saat menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimka Tahun 2015.

Kasus yang menjerat Etinus saat ini sedang bergulir di Pengadilan Tipikor Makassar dan mendapat penangguhan penahanan. Sementara kasus Johannes Rettob di Pengadilan Tipikor Jayapura dengan status tidak ditahan./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.