Sidak Hewan Kurban, Petugas Dispertan Banyuwangi Temukan Kambing Terjangkit Rhinitis dan Scabies

by -547 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan sidak kesehatan hewan kurban secara serentak di 25 Kecamatan, Rabu (22/6/2023).

Satu persatu hewan kurban yang dijajakan di pasar hewan atau di sepanjang jalan utama Kota Banyuwangi, oleh petugas diperiksa kondisi kesehatannya.

iklan aston

Hasilnya, petugas menemukan sebagian kecil hewan kurban khususnya kambing terserang penyakit ringan.

“Penyakit ringan ini seperti rhinitis (peradangan pada selaput lendir hidung). Jika pada manusia disebut flu,” kata Nurul dokter hewan Dispertan Banyuwangi.

Selain itu, lanjut Nurul, ada juga hewan kurban yang mengalami luka kecil pada tanduk dan scabies (penyakit kudis pada hewan). “Namun jumlahnya hanya sedikit, jika diprosentase sekitar 2% dari jumlah populasi,” imbuhnya.

Meski begitu, kata Nurul, hewan kurban yang terjangkit penyakit ringan tersebut masih layak konsumsi. “Tetapi alangkah baiknya jika hewan yang akan dijadikan kurban adalah hewan yang sehat dan bebas dari penyakit,” ujarnya.

Nurul menambahkan bahwasannya pihaknya sangat mewaspadai adanya wabah peste de petits ruminants (PPR) pada ternak. Virus ini menjangkit hewan ternak khusus kambing dan domba. “Untuk Banyuwangi masih aman, tidak ada wabah PPR. Tetapi kita akan terus tetap melakukan langkah antisipasi,” ungkapnya.

Ia pun mengimbau kepada para peternak maupun penjual hewan kurban untuk mengisolasi hewan ternak yang sakit dan mendisinfektan kandangnya agar tidak menular ke hewan ternak lainnya yang sehat.

“Kegiatan sidak ini juga untuk memastikan bahwa seluruh hewan kurban yang dijual aman dan terhindar dari penyakit,” tutupnya.

Sementara Suwarso, pedagang hewan kurban kambing di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Penataban, Giri, Banyuwangi, mengapresiasi Dispertan atas sidak hewan kurban tersebut.

Menurutnya, sidak tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para peternak dan pedagang hewan kurban.

“Ini bagus, karena pemerintah peduli dengan mengecek kondisi hewan ternak yang kita jual untuk kurban,” ujarnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.