1.127 CJH Asal Kabupaten Mojokerto Tahun Ini 30 Persen Masuk Kategori Lansia

by -334 Views
Bupati Ikfina melepas CJH asal Kabupaten Mojokerto di halaman kantor pemkab, Rabu (21/06/23).
Girl in a jacket

Mojokerto, seblang.com – Sebanyak 1.137 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mojokerto dilepas Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dari halaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Rabu (21/6/2023). Para CJH diminta tetap menjaga kekompakan, kesehatan, hingga kembali menyandang predikat haji mabrur.

Menurut Ikfina, CJH tahun 2023 di Kabupaten Mojokerto sangat spesial. Sebab tahun ini 1/3 atau sekitar 30 persen dari total CJH yang berangkat ke tanah suci merupakan kategori lanjut usia (lansia). 1.137 CJH Kabupaten Mojokerto terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) masuk kloter 81, 82 dan 83. Kemudian kuota tambahan sebanyak 30 CJH masuk kloter 84 yang merupakan kloter terakir, berangkat ke Asrama Haji Surabaya Kamis (22/06/2023).

iklan aston

“Sebenarnya sudah jauh-jauh hari dipersiapkan seperti tahun-tahun kemarin. Hanya saja ini, menjadi spesial setelah kemarin pandemi Covid-19. Untuk keberangkatan tahun 2023 ini, sudah mengizinkan lansia berangkat,” kata Ikfina.

CJH Kabupaten Mojokerto kategori lansia berangkat dengan kursi roda.

Banyaknya CJH lansia yang berangkat tahun sehingga semua diingatkan supaya tetap saling membantu dan mendukung. Termasuk para petugas haji juga diminta siaga khususnya pada CJH kategori lansia.

“Tadi berangkat dengan 26 armada bus, satu armada bus cadangan. Masuk kloter 81 sampai 84, hari ini yang berangkat 81, 82 dan 83. Masih ada 30 CJH cadangan yang berangkat hari Kamis (22/06/23). Informasi dari Bapak Menteri Agama yang mempunyai kebijakan berbeda sehingga pendamping tidak bisa berangkat,” jelas Ikfina.

Semua persiapan sudah dioptimalkan termasuk petugas medis dan para medis serta obat obatan bagi CJH saat melakasanakan ibadah di tanah suci. Terutama pendampingan CJH dengan resiko tinggi (risti).

“Petugas medis dan obat obatan yang diperlukan semua sudah dipersiapkan,” Jelasnya.

Saat melepas CJH dari halaman Pendopo Pemkab, semua CJH diingatkan supaya saling membantu. Sehingga semua pelaksanaan ibadah haji bisa dijalankan dengan baik.

“Saya sudah sampaikan kepada semua untuk saling mendukung, saling mensupport dan semua jaga kesehatan. Semua harus bersabar karena situasi di sana memang jamaah berkumpul dari seluruh dunia dan kondisi panas sekali. Semua yang berangkat sehat, lengkap dan mabrur,” pesan Ikfina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.