Muhammadiyah dan Arab Saudi Menetapkan Idul Adha 28 Juni, Lebih Awal dari Penetapan Kemenag RI

by -245 Views
Sidang Isbat Kemenag
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Hari Raya Idul Adha menjadi momen yang ditunggu umat Islam. Pada hari tersebut, kaum muslim akan melakukan Salat Idul Adha dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban selama tiga hari ke depan (Hari Tasyrik).

Ormas Islam Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

iklan aston

Hal tersebut  merujuk pada hasil hisab yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

PP Muhammadiyah juga memutuskan tanggal 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Senin 19 Juni 2023 dan Hari Arafah atau 9 Zulhijah 1444 H jatuh pada Selasa 27 Juni 2023 hal ini juga bersamaan  dengan penetapan Hari Raya Idul Adha di Arab Saudi.

Penetapan Hisab Hakiki Wujudul hilal PP Muhmamadiyah

“Sesuai hasil keputusan pimpinan pusat Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Rabu Kliwon 28 Juni 2023 sesuai hasil Hisab Wujudul Hilal,” ujar Sekretaris Pimpinan Daerah Banyuwangi Mufti Syafi’i

Ia menjelaskan untuk pelaksaan salat Idul Adha akan dilakukan di beberapa titik di lapangan yang berada di Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Banyuwangi.

“Kita ada beberapa titik Salat Idul Adha dan setelah salat langsung pemotongan hewan kurban, dan kita bagikan ke masyarakat sekitar ataupun daerah pelosok desa agar bisa menikmati Idul Adha sebagai bentuk syukur,” tambahnya.

Sementara itu hasil sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia dari sidang isbat penetapan Idul adha 2023 akan jatuh pada hari Kamis 29 Juni 2023 dari hasil rukyat wujudul hilal.

“Memutuskan 1 Zulhijah 1444 Hijriah jatuh pada Selasa (20/6). Sementara itu Hari Raya Idul adha atau 10 Zulhijah 1444 Hijriah jatuh pada Kamis,”  kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat konferensi pers di Jakarta.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.