Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Wasit Pengkab Perbasi Banyuwangi Gelar Penataran Wasit C dan B2 

by -460 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com -Pengurus Kabupaten (Pengkab)  Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Banyuwangi menggelar Penataran wasit C dan B2 serta penyegaran wasit yang diikuti oleh 35 peserta di  GOR Sahabat Banyuwangi mulai tanggal 15 sampai dengan 18 Juli 2023.

Menurut Ketua Pengkab  Perbasi Banyuwangi Rico Antar Budaya, salah satu tujuan diadakan penataran wasit adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas perwasitan Kabupaten Banyuwangi yang sempat mengalami kemunduran akibat pandemi Covid 19 sekitar 2 tahun yang lalu.

iklan aston

“Dengan adanya penataran ini program awal dari pengurus Perbasi Banyuwangi untuk mengadakan penataran pelatih dan wasit sudah terlaksana. Dengan penataran wasit ini kami berharap para peserta mampu menyerap materi yang disampaikan dan mengaplikasikan di lapangan saat memimpin pertandingan,” jelas Rico.

Alumni SMA Negeri 1 Giri itu berharap semua peserta tetap semangat disiplin dalam mengikuti setiap season yang dijadwalkan dalam program penataran sehingga bisa meraih hasil seperti yang diharapkan.

Tidak lupa Rico menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pengurus provinsi (Pengprov) Perbasi Jawa Timur (Jatim) yang selama ini mendukung semua program kegiatan yang diadakan oleh Perbasi Banyuwangi.

“Apabila ada wasit dari Banyuwangi yang dinilai bagus dan layak untuk diorbitkan,  kami harap Pemprov bisa membimbing dan mengarahkan agar wasit Banyuwangi ada yang mampu memimpin pertandingan di level Jatim,  nasional bahkan di level internasional,” tambah saudara kembar Riccy Antar Budaya tersebut.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Penataan Wasit C dan B2  Kabupaten Banyuwangi, Eko Prasetyo, mengungkapkan peserta penataran kali ini berjumlah 35 orang yang berasal dari Banyuwangi, Jember, Kota Kediri bahkan ada yang dari kota Bau-Bau Sulawesi.

Menurut Eko dari 35 peserta tersebut bisa dirinci; 8 Peserta penataran Lisensi-B dan 6 orang penyegaran lisensi -B2 . Kemudian 18 peserta mengikuti program peenataran lisensi C dan penyegaran lisensi – C ada tiga peserta.

Adapun penatar atau tutor adalah utusan dari Pengprov Perbasi Jatim, Sunsya Putra Galih Cendekia,  Wasit Basket nasional pemegang lisensi  A wasit IBL asal Malang yang saat ini tinggal di kota Surabaya.

“Dengan adanya penataan seperti ini diharapkan semakin menambah jumlah wasit basket yang ada di Banyuwangi. Kemudian  merefresh kembali wasit-wasit Banyuwangi selama ini sudah memiliki lisensi namun kurang mendapatkan kesempatan untuk memimpin sebuah pertandingan akibat  pandemi dan kurangnya kejuaraan bola basket di Banyuwangi pasca pandemi Covid 19 sampai dengan 2020 kemarin,” imbuh Eko.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.