Warga Sumber Mulyo Glenmore Banyuwangi Bersyukur, Program TORA Sukses Terlaksana

by -498 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Warga Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bersyukur program Tanah  Objek Reforma Agraria (TORA) sukses terlaksana dengan baik.

Warga yang telah dengan sabar mengikuti tahapan hingga pelepasan tanah objek kawasan hutan dalam program TORA.

iklan aston

“Terima kasih kepada Kepala Desa Margomulyo yang telah memberikan  sumbangsih pemikiran atas tercapaian program TORA di Dusun Sumbermulyo,” kata Kepala Dusun Sumbermulyo, Selasa (13/6/2023).

Hal yang sama disampaikan Tim Relawan program TORA Dusun Sumbermulyo, Farid. Pengawalan pelaksanaan program tersebut memang membutuhkan waktu yang lama dan cukup menguras pemikiran dalam mengawal program tersebut agar sesuai dengan apa yang di amanahkan oleh Undang-Undang.

“Dalam tahapan program TORA semua tinggal menunggu pengesahan sesuai tahapan regulasi hingga menjadi Surat Hak Milik (SHM),” terangnya.

Namun demikian, tentu hal itu tidak serta merta ke arah SHM, mengingat apa yang telah disampaikan oleh pihak-pihak terkait tentang program TORA telah sukses hingga tahapan ini.

Sementara Kepala Desa Margomulyo, Aji menambahkan, program TORA dimaksudkan untuk perbaikan dan peningkatan ekonomi warga Dusun Sumbermulyo.

Kami hanya akan memberikan apa yang tidak berisiko bagi warga. Semua sudah ada Tim Relawan program TORA. “Selama menjadi kepentingan bersama tentu merupakan kewajiban Pemdes untuk memberikan sumbangsih pemikiran,” terangnya.

Selain itu Kades juga berpesan agar dalam bidang yang menjadi obyek pelepasan hendaknya lebih di tata kembali. Menginggat, ketika nanti menjadi hak paten akan sangat berpengaruh, terutama lokasi-lokasi yang memiliki potensi untuk peningkatan ekonomi.

“Semuanya kembali ke warga, pihak pemdes hanya sebatas mengawal sesuai harapan masyarakat,” imbuh Aji.

Yang yang sama juga disampaikan Sani, warga Dusun Sumbermulyo. Dia mengatakan bahwa, dirinya bersama warga sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Pmdes Margomulyo dalam program TORA.

“Adanya Tim Relawan TORA dan peran Kades merupakan bentuk kepedulian pada warga yang berada di kawasan tepian hutan. Kami berharap program TORA menjadi prioritas Pemdes dan berjalan lancar hingga terbit SHM,” harapnya.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.