Relawan Bencana Lintas Provinsi Latgab di Mojokerto, Bupati Ikfina: Harus Lebih Profesional

by -402 Views
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, membuka kegiatan Latgab relawan bencana di Kecamatan Gondang, Mojokerto, Sabtu (03/06/23).
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – Ratusan relawan dari berbagai Provinsi di Indonesia menggelar latihan gabungan (Latgab) Urban Search And Rescue (Usar) dan Navigasi digital di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Pesertanya terdiri dari berbagai Provinsi di Jawa, Bali, Aceh hingga Sulawesi. Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati berkesempatan membuka acara yang dipusatkan di Komplek Kasumi, Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang.

iklan aston

“Atas nama pemkab Mojokerto saya sangat mendukung sekali kegiatan ini. Pelatihan ini yang pertama di provinsi Jatim khususnya di wilayah Kabupaten Mojokerto”, kata Ikfina dalam sambutan pembukaan acra,  Sabtu, (3/6/23).

Orang nomer satu di Mojokerto ini berharap relawan semakin profesional dan terlatih, serta memiliki skill dalam menghadapi bencana, khususnya di bumi Majapahit ini. Ia juga mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat bersama-sama bertanggung jawab dalam hal pengurangan resiko bencana.

“Ini tanggung jawab kita bersama untuk mengurangi risiko bencana di Kabupaten Mojokerto. Tentu melalui program – program pembangunan, perlindungan masyarakat dari dampak bencana, penjaminan pemenuhan hak masyarakat yang terkena bencana serta pemulihan kondisi dari dampak”, katanya.

Menurutnya secara geografis, geologis, hidrologis dan demografis Kabupaten Mojokerto memiliki wilayah yang rawan dari berbagai ancaman bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia.

Dia berharap, setelah pelatihan ini relawan bisa menjadi tenaga profesional yang sangat terlatih dan terampil dalam mencari, mengevakuasi dan memberikan pertolongan pertama pada korban. Meski dilingkungan yang sulit dan berbahaya sekalipun.

“Relawan penanggulangan bencana merupakan penggerak awal pada saat terjadi bencana dan tahap tanggap darurat bencana. Jenis penyelamatan juga bersifat sangat teknis dan membutuhkan banyak keterampilan, pelatihan dan kerjasama tim”, tambahnya.

Sementara Latgab Usar dan navigasi digital yang digelar oleh Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto dan berlangsung selama dua hari mulai hari Sabtu – Minggu tanggal 3-4 Juni.Kegiatan ini  dihadiri Basarnas, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Ketua FPRB Kabupaten Mojokerto dan Forkopimca Gondang.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.