Jaga Kestabilan Pangan, Bupati Mojokerto Ajak Masyarakat Kembangkan Sektor Peternakan

by -588 Views
Wartawan: Budi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Mojokerto, seblang.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak masyarakat terus mengembangkan potensi yang ada untuk meningkatkan perekonomian. Salah satunya pemberdayaan masyarakat di bidang peternakan.

Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto memberikan bantuan sebanyak 275 ekor itik pada 63 peternak yang tergabung dalam tani Sumber Tani Empat, di Desa Plososari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa kemarin (30/05/23).

iklan aston

Bantuan ternak yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ikfina pada ketua kelompok ternak itu berupa 25 ekor itik jantan 250 ekor itik betina. Serta peralatan ternak1 unit mesin tetas telur kapasitas 300 butir, 4 liter desinfektan, 20 pack vitamin dan 500 kilogram pakan konsentrat.

Ikfina mengatakan peternakan di Kabupaten Mojokerto menjadi sektor penting untuk pemulihan ekonomi dalam mengendalikan inflasi. Ini karena di Kabupaten Mojokerto banyak sentra sentra peternakan, salah satunya ternak itik di Mojosari yang sudah sangat terkenal.

“Jadi saat ini Pemerintah Daerah terus diperingatkan oleh pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi. Inflasi itu menyebabkan barang naik terus, karena pasokannya kurang, sedangkan yang membutuhkan banyak,” kata Ikfina.

Intuk itu dirinya para peternak bisa memanfaatkan segala potensi yang ada, termasuk kotoran hewan karena bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk organik yang punya nilai jual.

“Semuanya bisa dimanfaatkan. Jadi tidak ada yang terbuang, sampai kotoran ternak pun tentu bisa dikelola untuk dijadikan pupuk organik,” jelaanya.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat termasuk petani dan peternak untuk mengelola dan memanfaatkan segala potensi yang ada untuk menjaga ketersediaan pangan.

“Saya minta tolong untuk bisa menjaga stabilitas pangan. Karena saat ini banyak negara penghasil beras yang tidak mau ekspor. Semoga Kabupaten Mojokerto bisa menjaga inflasi dan ketahanan pangan tetap aman,” pungkasnya.

Dalam penyerahan bantuan itu, Bupati Ikfina didampingi Kepala Dinas Pertanian, Nurul Istiqomah, Forkopimcam Puri, Kepala Desa Plososari dan Ketua Kelompok Tani Sumber Tani Empat./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.