Arus Mudik Pelabuhan Ketapang -Gilimanuk Mulai Padat

by -895 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Jelang Lebaran intensitas arus mudik dari Provinsi Bali ke beberapa wilayah di pulau Jawa mulai terlihat di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

Menurut data yang dihimpun ASDP Gilimanuk – ketapang tercatat sebanyak 4.753 kendaraan mulai masuk ke pelabuhan Ketapang. melalui rute penyeberangan Gilimanuk-Bali menuju Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

iklan aston

Untuk pemudik di tahun 2023 didominasi mengunakan kendaraan umum bus dan kendaraan roda 4 serta roda dua dan kendaraan logistik barang serta untuk pejalan kaki terjadi penurunan dari tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan banyak instansi pemerintah seperti Damri, Dinas Perhubungan Banyuwangi, dan perusahaan swasta banyak memfasilitasi mudik gratis. Sehingga banyak masyarkat yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Seperti Andi Dwiki warga asal Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengunakan sarana mudik gratis dari Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri) yang merasa nyaman dan aman dalam mudik kali ini.

“Mumpung Gratis plus makan jadi sama keluarga bisa balik ke yogya kan nanti kita lebaran di sana tanggal 21. Terimakasih dari pihak Damri,” ujarnya.

Diperkirakan intensitas pemudik akan terus bertambah menjelang H-3 Lebaran dikarenakan lebaran diperkirakan pada tanggal 21-22 April 2023.

Dan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik, pihak ASDP Ketapang Gilimanuk telah menyiagakan 49 armada kapal dan 28 kapal diantaranya telah beroperasi Ketapang-Gilimanuk.

“Dari jumlah 49 armada kapal yang kita siapkan itu, saat ini kita mengoperasikan 28 armada kapal untuk melayani penyeberangan dari pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk,Bali,” jelas M Yasin

Selain itu, PT ASDP Ketapang – Gilimanuk juga akan melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemacetan, seperti percepatan bongkar muat kapal agar kendaraan yang akan melakukan penyebrangan tidak menumpuk di kantong parkir.

Diinformasikan untuk di Pelabuhan Gilimanuk akan membuka kantong parkir di kawasan Taman Nasional Bali Barat untuk kendaraan besar agar tidak meluber ke jalan raya.

Nampak beberapa titik sebelum masuk pelabuhan Gilimanuk juga terdapat pos pos kesehatan guna melayani pemudik sampai arus balik./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.