Ini yang Dilakukan Dispora Banyuwangi Untuk Mencegah Munculnya Permasalahan di Masa Mendatang

by -742 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com -Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Banyuwangi mengundang pengurus Koni dan Pengurus Cabang olahraga (Cabor) untuk mengikuti Gelar Bimbingan Teknis Pertanggungjawaban Dana Hibah KONI Banyuwangi 2023 di Ruang Rapat Dispora Banyuwangi pada Rabu (12/04/ 2023)

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi, sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah yang sudah disetujui oleh Bupati Banyuwangi dan KONI dana hibah pembinaan olahraga sebesar Rp. 4 Miliar dan sudah ditransfer ke rekening pengurus cabang olahraga.

iklan aston

Karena sumber dana berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maka penggunaan dan pemanfaatnya harus dipertanggungjawaban dengan benar. ”Jangan sampai muncul permasalahan di masa mendatang maka sekecil apapun harus dipertanggungjawabkan. Berbeda dengan dana non APBD karena ada aturan dan norma-norma yang ditetapkan,” jelas Abdul Aziz.

Adapun pemateri Bimbingan Teknis Pertanggungjawaban Dana Hibah KONI Tahun 2023 berasal dari Insperktorat dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Banyuwangi.

Dia menuturkan pada tahun 2022 Dispora Banyuwangi membuat inovasi dengan Sistem Informasi Keolahragaan (Siraga) untuk memudahkan mendapatkan data dan melihat perkembangan olahraga secara real time. “Sehingga setiap saat kami bisa memantau dengan catatan data-data harus diisi oleh pengurus cabang olahraga yang ada,” imbuh dia.

Selain itu dengan menggelar Bimtek pertanggungjawaban dana hibah KONI merupakan salahsatu bentuk monitoring dan evaluasi (Monev) dari Dispora yang perlu diperkuat.

“Untuk program Bimtek ini sebelumnya kami belum tahu dan program yang digelar merupakan kali pertama selama menjadi Kepala Dispora mengadakan kegiatan ini. Sebelumnya tidak sempat mengadakan program Bimtek tetapi dalam acara rapat-rapat hal tersebut sudah sering kami tekankan tetapi tidak secara teknis,” tambah pejabat asli Banyuwangi tersebut.

Acara Bimtek pertanggungjawaban dana hibah KONI tahun 2023 diikuti oleh tim teknis dari Koni dan semua pengurus cabang olahraga yang berada dalam naungan Koni Banyuwangi yang mendapatkan kucuran dana hibah dari pemerintah Banyuwangi.

Selanjutnya terkait besaran dana hibah pembinaan olahraga sebesar Rp. 4 Milyar, menurut Aziz pihaknya berharap Koni dan cabor mampu memanfaatkan secara baik dan maksimal. Karena kemampuan anggaran Pemkab Banyuwangi untuk saat ini sebesar nilai tersebut./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.