Meriahkan Ramadan, Patrol dan Kuntulan Khas Banyuwangi akan Diperlombakan dalam Festival Islami

by -517 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Tak hanya Banyuwangi Ramadan Street Food Festival, Pemkab Banyuwangi juga akan menggelar Festival Islami dan Festival Lalilatul Qadar selama bulan puasa 2023 ini. Festival – Festival tersebut digelar dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

“Festival Islami ini akan menampilkan atraksi seni tradisional Patrol dan Kuntulan khas Banyuwangi, yang dikemas dalam rangkaian perlombaan,” kata  Ainur Rofiq Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Banyuwangi, Senin (27/3/2023).

iklan aston

Pesertanya, lanjut Ainur Rofiq, adalah perwakilan setiap kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi yang telah lolos seleksi panitia. Mereka akan diambil 10 besar yang dinilai berdasarkan penampilan dalam video yang dikirimkan.

“Bagi yang lolos, akan ditampilkan di atas pentas yang bertempat di halaman parkir Stadion Diponegoro Banyuwangi, 5 April 2023. Lalu mereka pun akan berkeliling kampung sembari beratraksi di sekitar Kota Banyuwangi,” ujar Ainur Rofiq.

Lebih lanjut Ainur Rofiq mengatakan, Festival Islami bertujuan untuk melestarikan tradisi masyarakat Banyuwangi selama bulan Ramadan. Karena biasanya, kata Ainur Rofiq, alat musik patrol yang terbuat dari bambu dimainkan untuk membangunkan orang tidur saat sahur.

“Patrol ini juga menggambarkan kepedulian Masyarakat Banyuwangi untuk membangunkan tetangganya agar tidak ketinggalan makan Sahur, sekaligus menjaga keamanan lingkungan,” jelas Ainur Rofiq.

“Sedangkan kuntulan adalah tari tradisional masyarakat Banyuwangi yang dipadukan dengan musik hadrah yang melantunkan lagu-lagu Islami,” imbuhnya.

Sementara untuk Festival Lalilatul Qadar, kata Ainur Rofiq, merupakan kegiatan untuk memperingati Nuzulul Quran yang jatuh setiap 17 Ramadan.

“Nantinya akan dilaksanakan serangkaian kegiatan islami termasuk Khotmil Quran serentak se-Banyuwangi. Pusat kegiatan pelaksanaanya di Pendopo Sabha Swagata pada Sabtu (8/4/2024),” pungkasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.