Bupati Blitar Hadiri Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengurus BUMDes Tahun 2023

by -564 Views
iklan aston

Blitar, seblang.com – Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Pengurus BUMDesa Tahun 2023, yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar, di Gedung Serbaguna Desa Salam, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Selasa (21/03/2023).

Dihadiri Kepala Dinas PMD Kabupaten Blitar,  Camat Wonodadi, Danramil, Kapolsek Wonodadi, peserta Bimtek dan seluruh Kades se-Kecamatan Wonodadi. Juga Narasumber dari PMD Provinsi Jawa Timur dan Yayasan Investasi Sosial.

iklan aston

Awali sambutan Bupati Rini mengatakan, BUMDes awalnya merupakan Badan usaha, sekarang meningkat statusnya menjadi Badan Hukum yang memiliki kewenangan lebih luas bukan hanya menjalankan usaha saja, tetapi memiliki kewenangan dalam mengelola asset desa.

Dan juga mengembangkan investasi dan produktifitas, serta menyediakan jasa pelayanan bagi masyarakat Desa. Mak Rini juga menekankan namanya BUMDes paling tidak harus mempunyai badan hukum dan perencanaan.

“Selain memiliki perizinan yang lengkap diharapkan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Blitar mampu mengelola Usaha berbasis potensi dengan baik sehingga dapat memberikan Pendapatan Asli Desa bagi pemerintah desa. Dan juga mampu menjadi kolaborator ekonomi yang ada ditingkat desa dengan bekerjasama dengan UMKM, Industri kreatif, content creator, serta kelompok pariwisata di tingkat desa”, jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati berharap setelah mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM, diharapkan para pengurus BUMDes harus bisa lebih aktif dan inovatif, struktur di BUMDes juga harus lebih mempuni.

“Diniati dengan mencari ilmu mencari tambahan pengalaman saya yakin BUMDesa di seluruh Kabupaten Blitar akan lebih mempunyai nilai tinggi,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala PMD Kabupaten Blitar, Rully Wahyu Prasetyowanto mengatakan untuk BUMDes yang diundang kali ini ada 17 dari lintas Kecamatan, dan juga ada 7 BUMDes yang tahun ini akan mendapat bantuan keuangan dari provinsi kita hadirkan juga, terangnya.

Selain Bimtek, rangkaian kegiatan di Desa Salam Kec. Wonodadi juga diadakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak dalam rangka Hari Desa Asri Nusantara tahun 2023, di Ekowisata Desa Salam, dan juga penyerahan BLT DD secara simbolis oleh Bupati, dan juga penyerahan Bansos Bumdesma Wonodadi Sejahtera yang diserahkan kepada 820 KPM.(adv/kmf/dip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.