Musang Kerap Dianggap Sebagai Hama, Apa Bisa Jadi Hewan Peliharaan Kesayangan?

by -1488 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Musang hewan nokturnal atau aktif pada malam hari, hewan ini ditemui hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kerap dianggap hama karena suka memangsa hewan ternak antara lain ayam. Ternyata tak kalah menarik dari kucing atau anjing , hewan mungil berkaki empat ini  bisa dijadikan hewan peliharaan kesayangan lhh.

Dinggar (21) salah satu breeder musang di Banyuwangi Kamis (09/03/2023)  menyampaikan ada 5 jenis musang yang dapat dijadikan hewan peliharaan yakni jenis Musang Pandan,Rase,Musang Akar,Musang  Air,dan Musang Biul. Menurutnya dari kelima jenis musang tersebut yang paling populer dipelihara di Indonesia yaitu Musang Pandan dan Musang Biul.

iklan aston

“Hal itu karena karakter Musang Pandan dan Musang Biul mudah sekali dijinakkan, Musang Biul merupakan hewan pintar.  Selain itu cara merawatnya tidak lebih susah dengan merawat kucing,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, musang merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, Namun Musang Pandan dan Musang Biul makanan utamanya adalah buah-buahan.

“Muspan dan musbil paling suka buah pisang dan pepaya, karena kandungan gizi di dua buah ini sangat diperlukan oleh mereka, selain itu muspan memiliki bau yang harum seperti pandan, dan kotoran nya tidak berbau menyengat seperti kotoran kucing,” kata Dinggar.

Dinggar juga menjelaskan Musang Pandan sendiri memiliki jenis lokaliti.  Jenis-jenis tersebut adalah Musang Pandan Jawa, Bali,Lombok.

“Dari beberapa jenis lokaliti tadi, di tangan seorang breeder dapat di bagi menjadi 3 jenis berdasarkan corak bulunya, muspan lokal,mozaik,dan platinum,” jelasnya.

Jenis mozaik yaitu musang yang memilik paduan warna putih. Yang biasa nya hitam dan abu-abu , namun di jenis ini ada tambahan warna yaitu putih.

“Ya kadang warna putih itu terdapat di muka musang, kaki musang seperti pakai stoking mas, sementara itu kalo platinum itu hampir berwarna putih, namun berbeda dengan albino,” ungkap Dinggar.

Dinggar menambahkan, dari segi permainan motif tersebut, semakin banyak corak dan motif pada bulu musang pandan harganya akan semakin mahal.

“Biasanya pasar jenis berdasarkan corak dan motif ini kisaran harga 4-8 juta bahkan puluhan juta, apalagi sudah memenangi kontes atau lomba,” tambahnya.

Menurut Dinggar Keberhasilan para breeder musang, yang semula liar dapat dijinakkan atau didomestikkan ini, bisa menjadi kebanggaan untuk Indonesia, sebab dapat menjaga populasi musang dialam liar,dan mengedukasi masyarakat agar tidak merusak lingkungan, saat ini sudah banyak komunitas pecinta musang diseluruh kota di Indonesia terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.