BKSDA Jatim Terjunkan Tim Lacak Temuan Macan Tutul di Telunjuk Raung Banyuwangi

by -523 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Banyuwangi menerjunkan tim untuk menindaklanjuti kemunculan Macan Tutul yang berhasil terekam kamera warga di Kawasan Wisata Telunjuk Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

“Kami masih menurunkan tim ke lokasi untuk mendapatkan info detil terkait keberadaan Macan Tutul tersebut,” kata Purwantono, Kepala Seksi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Senin (2/1/2023).

iklan aston

Dari informasi yang dihimpun seblang.com, pada bulan Desember 2022 kemarin, warga setempat telah melihat dua kali kemunculan hewan buas tersebut.

Untuk itu, tim BKSDA akan menelusuri asal habitat Macan Tutul tersebut. Apakah memang tinggal di sana, atau hanya singgah.

“Kita lihat hasil dari tim dan arahan pimpinan nanti. (Jika bukan habitatnya, Macan Tutul itu akan dievakuasi),” ujarnya.

Tangkapan video Macan Tutul yang tengah bertengger di pohon kawasan Wisata Telunjuk Raung Songgon Banyuwangi.

Purwantono menjelaskan, Macan Tutul adalah satwa dilindungi Undang-Undang. Pihaknya mengimbau agar masyarakat tak mendekat ke lokasi penemuannya.

“Dikhawatirkan nanti macan tutul panik, bisa menerkam orang. Dia berbahaya dan bisa menyerang saat dalam kondisi terpaksa,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Desa Kepala Desa Sumberarum Ali Nur Fatoni menceritakan awal mula ditemukannya keberadaan Macan Tutul tersebut.

“Macan tutul itu muncul di daerah sekitar tempat wisata air terjun Telunjuk Raung, Sabtu (31/12/2022) tengah malam,” kata  Ali Nur Fatoni, Senin (2/1/2023).

Awalnya, petugas pengelola tempat wisata dan seratusan wisatawan yang berkemah di sana dikagetkan dengan suara bising sekelompok monyet di belakang kantin.

“Itu sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian petugas wisata mengecek ke sumber suara. Setelah dicek, ternyata ada seekor macan tutul yang sedang memakan seekor monyet,” ujarnya.

Ia melanjutkan, petugas penjaga tempat wisata kemudian mengabadikan momen dengan cara merekamnya menggunakan telepon genggam.

Dalam video berdurasi 19 detik yang beredar, macan tutul itu terlihat tengah tidur di atas dahan pohon.

Selama merekam, petugas juga menyorot macan tutul dengan senter sehingga penampakan hewan tersebut terlihat jelas.

“Macan tutul itu terlelap tidur sampai sekitar pukul 04.00 WIB,” lanjut dia.

Selama macan tertidur, kata Fatoni, petugas jaga menungguinya di lokasi. Sampai akhirnya macan tutul tersebut terbangun. Hewan tersebut langsung kabur dan menghilang.

Fatoni mengatakan, lokasi penemuan macan tutul berjarak sekitar 3 kilometer (km) dari perkampungan.

Sebelum temuan ini, beberapa warga mengaku sempat bertemu dengan binatang serupa di wilayah yang lain.

“Terakhir warga mengaku bertemu sekitar 2 minggu yang lalu. Lokasinya berbeda. Tapi saat itu tidak ada bukti foto atau videonya,” lanjut Fatoni./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.