Sebanyak 10 Tambang Galian C di Banyuwangi Dapat Diskresi Boleh Beroperasi, Asal…

by -749 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
Sopir dump truk galian C saat demo di depan Kantor Bupati Banyuwangi.
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pasca-penutupan puluhan tambang galian C ilegal di Banyuwangi, ratusan sopir dump truk menggelar aksi demo di depan Kantor Bupati Banyuwangi, Rabu (28/12/2022).

Mereka menuntut tambang galian C yang ditutup oleh petugas gabungan beberapa waktu lalu, agar dibuka kembali. Pasalnya, tambang-tambang tersebut merupakan sumber utama mata pencarian mereka.

iklan aston

Alhasil, setelah melakukan diskusi bersama dengan tim terpadu, 10 dari 43 tambang galian C yang ditutup, mendapatkan diskresi untuk beroperasi. Meski belum mengantongi IUP Produksi, pemilik 10 tambang galian C tersebut tengah berproses mengurus perizinan. Sisanya, belum sama sekali.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bayuwangi Dwiyanto mengatakan, untuk menangani permasalahan galian C di Banyuwangi, tim terpadu memberikan diskresi kepada sejumlah pengusaha tambang galian C yang tengah berproses mengurus izin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bayuwangi Dwiyanto

“Dalam verifikasi, ada 10 titik tambang galian C yang bisa diskresi, sehingga untuk sementara waktu boleh beroperasi. Namun harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan tim terpadu,” ujar Dwiyanto.

Dalam diskresi itu, jelas Dwiyanto, tim terpadu memberikan jangka waktu selama tiga bulan dan masa toleransi satu bulan kepada 10 pengusaha tambang galian C tersebut untuk dapat menyelesaikan perizinan IUP produksi.

“Jika dalam jangka waktu yang telah ditentukan belum mengantongi IUP produksi, mereka sepakat untuk menutup tambang galian C miliknya secara sukarela,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Dwiyanto, pengusaha tambang galian C yang diberikan diskresi ini harus mendapatkan persetujuan dari Kepala Desa / Lurah, BPD dan masyarakat sekitar lokasi tambang.

“Pengoperasian tambangnya, harus menggunakan satu alat berat bego, tidak boleh lebih,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Dwiyanto, dump truk odol (Over dimensi) tidak diperbolehkan untuk mengangkut hasil galian C. Hal ini, sesuai dengan kesepakatan yang dulu pernah dibuat antara pengusaha tambang dan pemilik kendaraan dump truk.

“Sesuai kesepakatan, yang diperbolehkan mengangkut hasil galian C hanya dump truk standart,” imbuhnya.

Meski begitu, tim terpadu masih menunggu dokumen lengkap dari 10 pemilik tambang galian C yang mendapatkan diskresi tersebut. Selanjutnya, diserahkan ke pihak berwenang atau pemilik segel untuk ditindaklanjuti. “Karena kami bukan pemilik segel,” ujarnya.

Sementara itu, Eni Setyowati kuasa hukum salah satu pengusaha tambang galian C di Banyuwangi merasa lega dengan kebijakan yang diberikan tim terpadu.

“Setelah kita duduk bersama, alhamdulillah ada kesepakatan. Sebanyak 10 dari 43 pengusaha tambang galian C yang berproses melakukan perizinan boleh buka lagi,” ujarnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.