Cara Membangun Karakter  dan  Kesolehan Siswa Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi

by -1072 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com  – Pengurus Darul Aytam Darun Najah Banyuwangi terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam membangun karakter siswanya. Salahsatu program yang dilakukan adalah dengan  menggelar kegiatan menjelang akhir tahun untuk para anak yatim siswa MI Darun Najah dan MTs Darun Najah, Minggu, 25 Desember 2022.

Dalam rilis yang dikirim pada Rabu (28/12/2022) Program kegiatan yang dilakukan dalam menumbuhkembangkan kesolehan kali ini antara lain berziarah dan tahlilan di makam keluarga pendiri dan pengasuh Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Darun Najah, almarhum KH Harun Abdulloh, Hj. Istianah Harun, H. Abdulloh Faqih, KH Ma’shum Syafii, dan Hj. Ma’shumah.

iklan aston

“Setelah acara tahlilan, para anak yatim diajak sarapan bareng bersama pengurus dan keluarga besar Darul Aytam Darun Najah,” jelas Sekretaris YPS Darun Najah Hajjah Ma’mulah Harun.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) menuturkan kegiatan dilanjutkan wisata ke Pantai Cacalan, Kelurahan Sukowidi, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Di pantai ini, anak-anak yatim diajak bermain secara kelompok untuk menguji kekompakan dan kecerdasan anak-anak. “Selain para anak yatim, kegiatan ini juga diikuti para cicit keluarga pendiri dan pengasuh YPS Darun Najah Banyuwangi,” imbuhnya.

Untuk lebih saling mengenal, sebelum memulai permainan, satu per satu dari mereka diminta memperkenalkan diri pada seluruh anggota kelompoknya agar saling mengenal wajah dan hapal dengan nama-nama teman mereka, tambah Hajjah Ma’mulah.

Selain mengikuti permainan anak-anak juga diminta belajar menghitung dengan rentang angka tertentu untuk menguji kecerdasan dan konsistensi berpikir.

Pelaksanaan kegiatan yang dipandu oleh Hajjah Ma’mulah Harun, Sekretaris YPS Darun Najah Ma’mulah Harun bersama dengan  pengurus Darul Aytam Darun Najah Anisah Mahsunah Harun serta Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah mampu menarik minat peserta sehingga anak-anak tampak antusias mengikuti acara sampai paripurna.

“Sebulan sekali mereka kita ajak menikmati hal-hal baru dan mengesankan. Jadi, Darun Najah tidak hanya memperhatikan keperluan materi mereka, perlu ada program edukasi dan hiburan,” ujar Hajjah Ma’mulah.

Selain menggelar program bermain secara berkelompok, pihak Yayasan juga mengajak anak-anak yatim untuk  bermain kano di rawa yang ada di Pantai Cacalan. Mereka tampak menikmati permainan yang juga olahraga menggunakan perahu kano dan dayung tersebut

“Kegiatan seperti ini melatih keberanian anak-anak dalam berbicara di depan public dan melatih kekompakan mereka dengan teman-temannya. Kita harapkan mereka kelak bisa mandiri,” jelas Anisah Mahsunah Harun, Pengurus Darul Aytam Darun Najah.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.