Sungkeman, Salah Satu Tradisi Turun Temurun Adat Budaya Desa Olean Situbondo

by -544 Views
Girl in a jacket

Situbondo, seblang.com – Tradisi sungkeman salah satu budaya adat istiadat Desa Olean yang sudah menjadi tradisi turun menurun. Sungkeman ini adalah bentuk kecintaan seorang anak terhadap kedua orang tuanya. Bukan hanya itu, tradisi sungkeman juga dilakukan selain oleh anak kepada orang tua namun juga kepada keluarga dan kerabat yang dituakan.

Biasanya sebagai bentuk bakti sang anak pada orang tua atau menghormati orang yang dituakan. Tata cara sungkeman adat budaya Desa Olean sama halnya pada umumnya yang seringkali kita jumpai di masyarakat Indonesia, dengan cara bersimpuh dan mencium tangan.

iklan aston

Namun hal yang paling ditonjolkan ketika acara sungkeman dengan cara membasuh kedua telapak kaki kedua orangtuanya untuk mendapatkan berkah dan ampunan dosa terhadap kedua orang tuanya.

Hal ini sering kita jumpai di Desa Olean di mana para sesepuh dan tokoh agama selalu memberikan nasehat untuk selalu berbakti kepada kedua orang tuanya, untuk mendapatkan ridho dan ampunan-Nya.

Hari ini (22/12/2022) bertepatan dengan hari Ibu Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Olean di Aula Wisata KK26 diadakan tradisi sungkeman.

Dalam acara tradisi sungkeman bertepatan dengan hari Ibu terdapat  genangan air mata seorang ibu yang tidak kuat menahan rasa haru melihat putra putrinya yang bersimpuh dibawa telapak kaki ibunya.

Sehingga terdengar suara riuh tangis bercampur bahagia para seorang ibu yang tulus mendoakan untuk mendapatkan Ridho sang Ilahi Robbi berharap anak anaknya kelak dapat terus berbakti dan berguna baik Agama, Nusa dan bangsa.

Muchlis, Kasi Pemerintahan Kecamatan Situbondo yang hadir dalam acara Hari Ibu menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih yang telah menyelenggarakan acara hari ibu.

“Dengan adanya acara ini anak-anak bisa lebih paham dan mengerti bagaimana pengorbanan seorang ibu. Di zaman milenial tata krama sudah mulai berkurang, dengan adanya acara ini diharapkan anak-anak mampu lebih dalam menghormati kedua orang tua mereka terutama seorang ibu,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekretaris Desa Olean, Agus Fitriyanto dalam sambutannya juga menyampaikan, kebanggaannya dengan dengan terselengaranya acara ini.

“Saya yakin acara ini mampu berjalan dengan baik, hikmat dan nikmat. Semoga anak-anak kita semua mampu lebih menghargai kedua orang tua mereka,” pungkasnya. //////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.