Pimpin Apel Gelar Pasukan KTT G-20, Pangdam V Brawijaya Bersama Kapolda Jatim Cek Kesiapsiagaan Pasukan Gabungan

by -462 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan KTT G-20 yang akan diselenggarakan di Bali, 15-16 November 2022 mendatang.

Apel gelar pasukan yang diikuti 709 personel gabungan dari TNI-Polri dan Pemprov Jatim ini  dilaksanakan di Lapangan Pelindo Banyuwangi, Senin (7/11/2022).

iklan aston

Turut hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto beserta PJU dan seluruh Kapolres/Kapolresta se Jatim, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiendani Azwar, dan seluruh Danren dan Dandim wilayah Kodam V Brawijaya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kesiapsiagaan personel dan materiil dari unsur-unsur TNI-Polri dan Pemprov Jatim dalam membantu pengamanan KTT G20 di Bali,” kata Mayjen TNI Nurchahyanto.

Jenderal TNI bintang dua itu di hadapan ratusan pasukan menegaskan, bahwasanya pertemuan G20 yang akan digelar dalam beberapa hari mendatang di Bali bukanlah pertemuan biasa.

Pertemuan tersebut merupakan forum utama kerja sama ekonomi global yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian yang besar.

“Dalam forum berskala internasional itu mewakili lebih dari 75 persen perdagangan dunia yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, kepala negara atau kepala pemerintahan negara-negara besar,” ujarnya.

Lebih jauh  Nurchahyanto menjelaskan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah dan menjadi tempat penyelenggaraan, merupakan sebuah kepercayaan, kehormatan dan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Namun, yang sangat penting dipahami adalah dibalik kehormatan itu terkandung tanggung jawab dan tantangan bagi kita untuk memastikan pertemuan KTT G20 aman lancar dan berhasil,” ujarnya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto menambahkan, gelar pasukan ini membangun soliditas dan kesiapsiagaan personel dalam menyambut KTT G20.

“Kita siapkan semua tim, termasuk tim elit khusus. Kita bangun solidaritas dan kesiapsiagaan personel pengamanan baik TNI maupun Polri,” tegasnya.

Setelah gelar apel pasukan, Pangdam dan Kapolda didampingi Bupati Ipuk, juga meninjau persiapan pengamanan di ASDP Pelabuhan Ketapang, Pelabuhan Blimbingsari, dan Bandara Banyuwangi.

Bupati Ipuk mengatakan sebagai daerah penyangga G20, Pemkab Banyuwangi bersama TNI-Polri juga rutin menggelar simulasi pengamanan di wilayah perairan Banyuwangi, Bandara, dan objek vital lain yang melibatkan semua unsur pengamanan.

“Kami bersinergi dan saling melengkapi pengamanan G20 sesuai kapasitas di daerah. Terima kasih kepada Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, dan unsur pengamanan lainnya yang saling bersinergi untuk melakukan pengamanan G20,” ujar Ipuk.

Menurut dia, agenda KTT G20 diharapkan dapat menjadi momentum sinergi dan kolaborasi seluruh sektor.

“Keberhasilan dari G20 harus menjadi perhatian karena akan berdampak luas bagi Indonesia. Pemkab Banyuwangi siap untuk berpartisipasi dalam memastikan pengamanan presidensi KTT G20 di bali,” kata Ipuk.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.