Ketua DPD LDII Banyuwangi Tekankan Pentingnya Bangun Sinergi dan Kerukunan Umat Beragama

by -498 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com –  Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Banyuwangi secara resmi melantik dan mengukuhkan kepengurusan 5 (Lima) Pimpinan Cabang (PC) LDII Periode 2022-2027. Acara pelantikan dilaksanakan di Masjid Al Hidayah Desa Setail Kecamatan Genteng, Banyuwangi pada Jumat 7/10/2022 Malam.

Pembacaan Surat Keputusan (SK) Tentang Pembentukan dan Susunan Kepengurusan 5 (Lima) PC LDII Masa Bakti 2022-2027 dilakukan oleh Sekretaris DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, Kris Parwanto dan didampingi Dadang Hermanto.

iklan aston

Secara berurutan, Kris Parwanto membacakan dan memanggil Pengurus PC yang akan menjalani prosesi pelantikan. Mulai dari H. Yusuf Al Masiyan bersama jajaran pengurus PC LDII Kecamatan Genteng. Selanjutnya PC LDII Kecamatan Sempu yang menetapkan H. Sujono sebagai Ketua. Untuk Kecamatan Glenmore posisi Ketua diamanatkan kepaa Suwarno. Kemudian untuk PC LDII Kecamatan Kalibaru dan Tegalsari yang mendapat amanah sebagai Ketua PC Holil Bahriyono dan Onianto..

Prosesi selanjutnya, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi Drs. H. Astro Junaedi memandu pembacaan ikrar yang diikuti oleh jajaran pengurus yang dilantik secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan panji LDII dari Ketua DPD LDII Banyuwangi kepada para Ketua terpilih sebagai tanda resmi awal pengabdian kepengurusan dalam lima tahun.

Dalam sambutanya H. Astro Junaedi, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, menyatakan LDII sebagai ormas Islam, berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam membangun dan memajukan Kabupaten Banyuwangi melalui program-programnya.

Pelantikan pengurus PC yang dilaksanakan merupakan langkah awal dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai pengurus PC LDII di tingkat Kecamatan dalam upaya untuk membangun persatuan dan kesatuan antar umat intern umat Islam maupun dengan umat beragama lain dalam menjaga kondusifitas wilayah yang terbangun dengan baik sampai saat ini.

“Para pengurus merupakan cermin warga LDII. Pengurus harus meningkatkan pembinaan dan konsolidasi internal. Selain itu, pengurus LDII harus meningkatkan komunikasi koordinasi dan sinergitas dengan para pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuka masyarakat yang lain,” jelas H Astro.

Dengan adanya tagline “Banyuwangi Rebound”, dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi tokoh asal Rogojampi itu mengajak kepada semua warga LDII Banyuwangi untuk menjadi rebound center. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan dan partisipasi aktif untuk terus fokus pada gerakan penanganan pandemi, memulihkan ekonomi dan merajut harmoni dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mudah-mudahan kepengurusan yang baru saja dilantik dapat mengemban tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya, serta dapat semakin memperkuat sinergi dan kerukunan umat beragama di wilayah kecamatan masing-masing,” imbuh H. Astro.

Sementara itu, Sekretaris DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, Kris Parwanto, mengingtkan ketua dan jajaran pengurus yang baru dilantik untuk segera membuat program-program kerja yang senantiasa memberikan kemanfaatan bagi warga masyarakat, bangsa dan negara serta bisa memberikan solusi bagi permasalahan warga masyarakat.

Menurut Kris Parwanto, LDII sebagai salahsatu ormas Islam di Banyuwangi diharapkan tidak hanya sekedar ada. Namun harus hadir secara aktif dalam kegiatan positif dalam pembangunan masyarakat. Sehingga para pengurus PC harus mampu menjalin komunikasi koordinasi dan bersinergi dengan pemerintah sesuai jajarannya dan ormas keagamaan yang lain di lingkungan sekitarnya.

“Sehingga mampu menjadi organisasi yang konstruktif dan kontributif. Artinya di samping bisa bermanfaat untuk warga LDII, sebagai ormas juga bermanfaat untuk warga di wilayah kecamatan secara umum. Dan nantinya juga bisa mendukung program-program pembangunan dan memajukan daerah khususnya Kabupaten Banyuwangi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.