Bupati Blitar Rini Syarifah Buka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kepala Sekolah Se-Kabupaten

by -119 Views
iklan aston

Blitar, seblang.com – Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pendidikan lintas sektor kepala sekolah se-Kabupaten Blitar yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar secara resmi dibuka Bupati Blitar Rini Syarifah.

Rakor yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar pada Selasa (04/10/2022) itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan diikuti peserta dari kepala sekolah SD Negeri/swasta dan SMP Negeri/swasta se-Kabupaten Blitar.

iklan aston

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan jaman begitu cepat yang menuntut lembaga sekolah harus menyiapkan generasi bangsa yang lebih baik, berkualitas, berkarakter dan berdaya saing.

Menurut Bupati, dengan berbagai cara agar tidak terkena dampak kemajuan teknologi informasi. Upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut yakni dengan program ‘Sekolah Sak Ngajine’.

“Jadi, bukan hanya sekedar belajar membaca kitab suci sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing tetapi juga belajar kebaikan. Anak-anak juga dibekali dengan pendidikan karakter,” jelas Bupati Rini.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, dampak negatif dari penggunaan android untuk anak-anak sangat luar biasa, mulai dari pergaulan bebas, etika, budaya, sopan santun berpengaruh terhadap generasi bangsa.

Akibatnya, anak-anak kita secara psikologis matang lebih awal dibanding usia biologisnya dan kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan, harus ada tindakan cerdas dan masif.

Masih Bupati Blitar, kepala sekolah sebagai manager sekaligus pemimpin pembelajaran harus bersinergi dengan orang tua/wali murid, bagaimana mengendalikan anak-anak dalam menggunakan android misalnya dengan mengunakan aplikasi family link.

Menurutnya, aplikasi tersebut merupakan komitmen agar anggota, orang tua bisa mengendalikan situs yang layak diakses oleh anak-anak. Orang tua bisa mencegah anak mengakses situs pornografi dan situs lain yang membahayakan anak-anak.

“Saya meminta kepala sekolah untuk berperan untuk menjadi pemimpin pembelajaran bukan hanya sekedar menjadi pentransfer ilmu, tetapi juga bisa menuntun anak untuk mencapai kodratnya sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.