Dinas PU CKPP Merenovasi Massal Trotoar di Kota Banyuwangi

by -820 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) tengah merenovasi massal trotoar di sejumlah titik sepanjang ruas jalan utama perkotaan Banyuwangi.

Anggaran yang disediakan juga tidak main-main mencapai Rp. 2 miliar hingga Rp. 4 miliar.

iklan aston

Plt. Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi, Danang Hartanto, S.T. menjelaskan selain fungsinya untuk pedestrian atau ruang pejalan kaki, trotoar merupakan salah satu infrastruktur vital yang berpengaruh pada wajah kota.

Apalagi, kata Danang, sudah sepuluh tahun terakhir infrastruktur trotoar tak tersentuh. Sehingga perlu dilakukan peremajaan untuk kenyamanan para pejalan kaki.

“Renovasi trotoar ini penting bagi kami, karena kami ingin para pejalan kaki di kota Banyuwangi bisa nyaman di pedestrian yang ada. Selain itu, trotoar yang rapi juga sangat berpengaruh bagi wajah kota,” kata Danang, Rabu (14/9/2022).

Menurut Danang, sebagian trotoar di Banyuwangi menggunakan bahan keramik model polos. Ketika terkena air atau saat hujan, trotoar licin. Tak jarang, pejalan kaki terjatuh karena terpeleset. Hal ini pun sering dikeluhkan.

Untuk itu, renovasi trotoar secara massal ini menggunakan bahan paving yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan. Selain itu, trotoar yang baru ini dipastikan ramah difabel, karena ada guide line.

“Ada 22 titik trotoar yang direnovasi. Konstruksi trotoar, kami memakai paving ukuran 20 x 20 cm. Ditambah paving untuk difabel ukuran 30 x 30 cm berwarna kuning,” jelasnya.

Trotoar ini diutamakan di wilayah publik, mengingat Banyuwangi saat ini menjadi jujukan bagi wisatawan. “Citra Banyuwangi sebagai destinasi wisata harus didukung dengan sarana prasarana yang baik,” pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.