Dua Kata Kunci Pencegahan Covid Masker dan Booster di Banyuwangi

by -274 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Sekitar sepuluh hari dalam bulan September 2022, tepatnya mulai tanggal 1 sampai dengan 10 September 2022 petugas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan Banyuwangi menemukan ada delapan warga yang terkonfirmasi positif Covid 19.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala RSUD Blambangan Banyuwangi melalui Ns Inti Bawono S Kep, Kepala Ruangan Isolasi kepada wartawan media ini melalui sambungan WA pada Sabtu (10/09/2022).

iklan aston

“Hari ini tercatat dua pasien terkonfirmasi positif. Sedangkan kemarin tercatat empat pasien namun 2 (dua) pasien diperbolehkan pulang,” jelas Inti.

Sebagai Person in Charge (PIC) atau seorang yang diberi tanggung jawab rujukan Covid 19 Banyuwangi dia mengelola rujukan dari berbagai rumah sakit dan puskesmas terkait pasien yang akan dirujuk ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

Pria yang aktif di LDII Banyuwangi itu menambahkan usia pasien yang terkonfirmasi positif Covid di wilayah Banyuwangi saat ini ada yang masih muda dan ada juga yang berusia diatas 45 tahun.

Sementara Kepala RSUD Blambangan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, yang akrab disapa dr Rio mengungkapkan sampai saat ini pihaknya tetap waspada dalam mencegah dan menanggulangi wabah Covid .

Adapun bentuk kewaspadaan, yang dilakukan lanjut dia antara lain dengan menyiapkan ruang isolasi, tenaga kesehatan dan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam menangani pasien di RSUD Blambangan.

“Dua kata kunci dalam mencegah Covid yaitu masker dan booster. Masyarakat supaya memakai masker utamanya di ruang tertutup, kalau di ruang terbuka masih ada toleransi. Kemudian melakukan vaksin booster karena terbukti hasilnya cukup signifikan,” jelas dr Rio.

dr Rio menambahkan angka booster di Banyuwangi sampai saat ini relatif rendah. Padahal pihak pemerintah dengan dukungan stake holder terkait dengan berbagai cara gencar melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi booster ke masyarakat.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.