Komitmen Terapkan Manajemen K3, Karyawan PT. Sagraha Satya Sawahita Dilatih Sigap Menghadapi Kebakaran

by -989 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com  – PT. Sagraha Satya Sawahita terus berkomitmen menerapkan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan.

Terbaru sejumlah karyawan perusahaan pengumpul dan transporter limbah B3 yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No.56 Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro ini dilatih untuk terampil menghadapi situasi darurat kebakaran.

iklan aston

Kepala Operasional PT Sagraha Satya Sawahita, Pucca Hezkya mengatakan, kecelakaan di tempat kerja seperti kebakaran dapat menimbulkan dampak yang menghancurkan bagi perusahaan. Karena itu, kegiatan pelatihan ini sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini  terhadap bencana kebakaran.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan pembekalan pengetahuan yang cukup bagi staf dan karyawan untuk bisa dan paham dalam pencegahan serta penanggulangan bahaya kebakaran,” kata Eky sapaan akrab Pucca Hezkya, Selasa (6/9/2022).

“Kami secara konsisten menerapkan pembekalan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan K3 khususnya bahaya kebakaran gedung kepada seluruh karyawan,” imbuhnya.

Pelatihan ketanggap-daruratan secara berkelanjutan ini dilakukan untuk terus mengoptimalkan sistem manajemen K3 di perusahaan.

Komitmen ini memastikan semua orang yang ada di lokasi kerja PT. Sagraha Satya Sawahita memahami tindakan yang dilakukan agar timbul rasa aman.

“Setiap individu karyawan adalah sebagai pelaku utama pelaksanaan sistem manajemen K3 pada perusahaan,” ujar Eky.

Pelatihan kondisi darurat kebakaran ini dilaksanakan bersama tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Banyuwangi.

Pelatihan berjalan tepat sasaran dan efektif, sehingga masing-masing karyawan mendapatkan edukasi pembekalan teori dan praktek memadamkan api dengan alat sederhana seperti karung goni basah, hingga penggunaan alat pemadam api ringan (Apar).

Mereka juga diberikan pelatihan basic survival yakni cara mempertahankan hidup di situasi darurat kebakaran, dan memberikan pertolongan pertama terhadap korban.

Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yatmadi mengapresiasi PT. Sagraha Satya Sawahita untuk bisa melakukan pelatihan dilingkungan perusahaan.

Menurutnya pelatihan ini sebagai pencegahan dini dan upaya meminimalisir terjadinya kebakaran yang dapat menyebabkan kerugian materiil hingga korban jiwa.

“Kami sangat mengapresiasi kepada semua pihak baik instansi pemerintah maupun swasta (PT. Sagraha Satya Sawahita) yang betul-betul memperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, termasuk dengan cara pelatihan ini,” kata Wawan.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.