Meskipun Singkat Kehadiran Mahasiswi UI Meninggalkan Kesan dan Kenangan Indah Bagi Siswa-siswi SD Negeri Olehsari

by -679 Views
iklan aston

Banyuwangi seblang.com – Meskipun singkat, Progam Kampus Bina Desa yang dilakukan 5 ( Lima) mahasiswi Universitas Indonesia (UI) Depok Jawa Barat di SD Negeri Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur (Jatim). Walaupun hanya 1 (Satu) minggu mampu berdampak positif pada para siswa dan meninggalkan kesan dan kenangan indah bagi siswa-siswi, terutama kelas 6 yang lebih bisa menghargai sesama teman.

Ungkapan tersebut disampaikan Heri Siswanto, Kepala SD Negeri Olehsari dalam rilis yang dikirim pada Rabu (31/08/2022)

iklan aston

Dia menuturkan program Kampus Bina Desa UI yang dibimbing Wuri Prasetyawati M.Psi, Ph.D, Psikolog, yaitu; Yiu Cen; Tiara Maharani; Beatrice Christjia; Rizky Mahardhika; Sally Novena dan Agnesya Arveila selama di Desa Olehsari agendanya sudah terjadwal dengan rapi. Pada hari pertama, agenda pembukaan kegiatan, antara lain diisi program tim kepedulian masyarakat memberikan kuis pengetahuan umum dan pengumuman pentas seni oleh siswa-siswi SD Negeri Olehsari.

Hari kedua, dilakukan senam bersama dan menyanyikan lagu daerah pada pagi hari serta pelatihan komunikasi asertif. “Pelatihan komunikasi asertif ini menjadi sarana bagi para siswa untuk berani mengemukakan pendapat, ide, serta menanggapi feedback dari orang lain. Selain itu, demi menghasilkan suatu kreasi para siswa butuh kerja sama dan menjalin hubungan dengan orang lain (kolaborasi),” jelas Heru.

Sesi selanjutnya, imbuh dia, mahasiswi UI menggelar bimbingan dan penyuluhan pentingnya keberhargaan diri dan konsep diri menuju ekspresi diri yang kreatif. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong para siswa untuk belajar lebih kreatif, inovatif, dan berani menunjukkan kreatifitas serta keunikan diri.

Dua hari sebelum program berakhir para siswa SD Negeri Olehsari melaksanakan gladi bersih dan persiapan untuk pentas seni yang akan digelar di lingkungan sekolah pada esok harinya.

Pada sesi akhir digelar acara pentas seni yang dibuka oleh Kepala Satkorwildik Kecamatan Glagah, Janoto, S.Pd. Hadir dalam acara tersebut antara lain; Joko Mukhlis Kepala Desa Olehsari, Sunardi Ketua Komite Sekolah SD Negeri Olehsari, dan Heru Siswanto, Kepala Sekolah SDN Olehsari serta para orangtua/wali murid dan undangan lain.

Penampilan para siswa SD Negeri Olehsari pentas seni yang dihiasi dekorasi berwarna-warni tersebut mampu memukau undangan dan penonton yang menyaksikan acara. Bahkan suara riuh dan tepukan tangan terdengar memenuhi ruang pentas oleh para siswa-siswi di desa yang dikenal dengan tradisi Seblang tersebut..

Dalam pentas seni tersebut para siswa menampilkan potensi dan bakat masing-masing, antara seperti; menari, menyanyi, hingga bermain gamelan. Pertunjukkan yang digelar berbeda dengan era sebelumnya, karena semua konsep dan rancangan dari oleh, dan untuk siswa-siswi SD Negeri Olehsari.

Dalam pentas seni para siswa antara lain menampilkan; permainan gamelan, penampilan Tari Jejer Jaran Dawuk dan Tari Kembang Pesisiran. Selain itu juga menyanyikan lagu- lagu; Koyo Langit Ambi Bumi, Rasa Ini dan lagu Inikah Jatuh Cinta,serta beberapa persembahan dari guru-guru.

Pada penutupan acara, dilakukan pemberian plakat kepada guru-guru SDN Olehsari, pembagian hadiah kepada para siswa-siswi SD Negeri Olehsari dan penulisan cita-cita di pesawat kertas yang diterbangkan bersama-sama.

“Pelaksanaan program kegiatan mahasiswi UI bersama keluarga besar SDN Olehsari walaupun singkat mampu memberikan kesan dan kenangan yang indah bagi para siswa-siswi maupun tim kepedulian masyarakat,” ujar Heru.

Dalam kegiatan sebelumnya, peserta Progam Kampus Bina Desa UI , selain merancang pentas seni,juga memberikan asistensi pengajaran dengan materi pelajaran matematika, Bahasa Inggris, dan kosa kata dasar Bahasa Jepang.

Mahasiswa peserta Progam Kampus Bina Desa UI juga melakukan survei untuk mengetahui minat bakat siswa-siswi SD Negeri Olehsari, yang hasilnya lebih banyak memiliki hobi dan minat bermainbola dan layangan, dibandingkan dengan keterampilan.

Potensi diri sejatinya harus dikembangkan sejak usia dini sehingga anak dapat berkembang dan mengetahui minat bakatnya sendiri saat menginjak usia dewasa. Oleh karena itu, sebelum menggelar acara pentas seni, dilakukan beberapa kegiatan seperti penyuluhan dan pelatihan kepada para siswa-siswi SD Negeri Olehsari.

Sementara, Yiu Cen, Salah seorang mahasiswi UI mengungkapkan Desa Olehsari adalah daerah yang indah dan asri. Pihaknya sangat senang disambut dengan hangat oleh warga yang ramah selama tinggal di desa. Sehingga dalam program kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya mengajar, namun juga belajar.

Meski hanya seminggu, semua peserta dari UI sangat menikmati waktu yang dihabiskan bersama warga, terutama anak-anak SDN Olehsari yang sangat antusias mengikuti pembelajaran. Mereka tidak hanya antusias, tetapi juga cerdas dan berbakat dalam bidang akademik maupun non-akademik.

“ Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa dan SDN Olehsari atas bantuan dan kerjasamanya selama program kami berlangsung. Kami berharap siswa-siswi SDN Olehsari dapat tumbuh menjadi orang sukses yang dapat membanggakan diri sendiri, orang tua, desa dan kabupaten serta bangsa / Negara,” jelas Yiu Cen.

Wuri Prasetyawati M.Psi, Ph.D, Psikolog; Yiu Cen; Tiara Maharani; Beatrice Christjia; Rizky Mahardhika; Sally Novena dan Agnesya Arveila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.