DPD Partai NasDem Banyuwangi Gelar Upacara HUT RI ke – 77 dengan Cara Unik 

by -375 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comDewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Banyuwangi menggelar dalam upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan cara yang unik.

Apabila umumnya upacara dilakukan di lapangan, halaman sekolah, bahkan ada yang memilih di puncak gunung, DPD Partai NasDem Banyuwangi lebih memilih menggelar upacara di sepanjang jalan desa di depan rumah masing-masing warga.

iklan aston

Seperti yang terlihat di Dusun Plantaran, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Wilayah pelosok berpenduduk padat tersebut terpilih menjadi salah satu lokasi pengibaran bendera sang saka merah putih.

Ketika upacara dimulai, jalan yang biasanya ada lalu lalang kendaraan mendadak sunyi. Berganti menjadi suasana khidmat, meskipun dalam kesederhanaan, acara mencerminkan kearifan lokal warga setempat.

Hal tersebut dipilih dalam rangka menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Lebih Istimewanya lagi, upacara dengan cara unik tersebut dilakukan serentak di seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) Banyuwangi

Warga masyarakat baik tua, muda , remaja, anak-anak, sampai ibu hamil pun antusias ikut memperingati hari kemerdekaan. Meski dengan pakaian seadanya, kesigapan warga tak kalah dengan pelajar pegawai kantoran ataupun militer.

Barisan lurus, petugas upacara pun tak malu bersuara lantang. Dengan penuh semangat, mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersamaan dengan pengibaran bendera Merah Putih.

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Desa Bayu tersebut dipimpin oleh Bernat Sipahutar, Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa upacara ini sengaja digelar di pelosok atau pinggir desa, supaya masyarakat dapat mengikuti dan merasakan sakralnya momen upacara 17 Agustus. Selain itu dapat mengajak warga merenungi momen kemerdekaan yang telah dicapai dengan tetes darah dan air mata para pejuang bangsa itu.

“Upacara dimulai pukul 09.30 WIB. Waktu tersebut dipilih karena mendekati detik-detik pembacaan proklamasi oleh Bung Karno,” jelas Pria Berdarah Batak itu.

Selanjutnya Bernat menuturkan kegiatan yang digelar dalam upaya untuk menumbuhkembangkan kembali semangat juang, patriotisme dan meningkatkan rasa nasionalisme serta cinta tanah air. “Mengingat wawasan kebangsaan sudah jarang diberikan kepada masyarakat kecil,” tambahnya.

Sementara Ketua DPD Partai NasDem Banyuwangi Ir H Supriyadi Karima Syaiful, melalui sekretaris Zamroni SH mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk menancapkan rasa cinta tanah air dan menangkal paham dan ajaran radikalisme kepada masyarakat.

“Sudah semestinya kita sebagai partai yang memiliki ideologi Pancasila, Nasionalisme, dan Sekulerisme, turut serta dalam mencegah masuknya radikalisme,” tandasnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.