Pengmas Unair Surabaya Untuk Desa Kabonagung Mejayan Madiun

by -967 Views
Wartawan: Puguh Setiawan
Editor: Herry W. Sulaksono
Foto bersama Unair Surabaya. Suryadi/seblang.com
iklan aston

Madiun,seblang.com– Pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) merupakan salah satu pilar tri dharma perguruan tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian dan pengembangan.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga (UNAIR) kali ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dalam penguatan wisata dan UMKM.

iklan aston

Departemen Statistik Universitas Airlangga Surabaya memilih Desa Kebonagung Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun sebagai lokasi Pengmas (Pengabdian Masayarakat) oleh Universitas Airlangga Surabaya (Unair) pada tahun 2022 selama dua tahun ke depan.

Dibuka langsung oleh ketua kordinator Program Pengembangan Desa Binaan (PPDB), pengmas yang bertemakan “Pembinaan Berbasis Teknologi Informasi dan Literasi Data Untuk Penguatan Wisata Grojogan Londo dan Potensi UMKM Desa Kebonagung“,dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun ,Kabid Pemasaran Diaparpora,Kepala Desa Kebonagung dan masyarakat Desa Kebonagung.

Disampaikam ketua PPDB M.Fariz Fadillah Mardianto dalam sambutanya, jika program yang ia bawa bersama seluruh anggotanya bisa menajadi program akrif berkesinambungan antara Universitas, masyarakat serta pemerintah daerah.

“Selama dua tahun ke depan kita akan berfokus dalam dua program,program pertama selama satu tahun yakni pengembangan Pariwisata dan satu tahun selanjutnya untuk mengembangkan UMKM masayarakat Desa Kebonagung,” terang Fariz dalam sambutan

Selain itu, support dan komitmen harus tertanam dalam program pengmas tahun 2022 ini pasca pandemi Covid-19.

“Kami mengharapkan suport dari semua kalangan untuk bisa nenyukseskan program yang kami bawa dari Unair,komitmen harua tetap terjaga agar setiap kegiatan mampu berjalan sesuai poksi dan levelnya,” tegasnya

Selain Fariz,Kepala Disparpora Kabupaten Madiun, Anang Sulistyono sangat mensuport kegiatan yang diadakan oleh Unair Surabaya.

Dikatakanya,prodi statistik Unair mengawali program pengembangan desa serta output yang disepakati tetang marketpalce pariwisata dan ekonomi kreatif dan manfaatnya sangat luar biasa bagi sebuah desa untuk mengembangkan sebuah wisata yang ada di desa.

“Dengan mengawali program terkait kemajuan wisata dan peningkatan UMKM, tentunya kami selaku OPD sangat mendukung terkait konsep yang dibawa Unair untuk Desa Kebonagung,ini adalah langkah positif yang harus kita dukung untuk pertumbuhan ekonomi melalui riset statistik untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat melalu marketplace,” jelasnya kepada seblang.com

Diharapkan,program pengmas ini dapat berkelanjutan dan ada tindak lanjut dari program yang di usung dari Unair serta memberikan dampak kepada desa yang ditempati untuk kegiatan pengabdian.

“Program tindak lanjut adalah harapan kita,untuk eksekusi dari program tersebut Desa bersama Unair serta Pemerintah Daerah bisa menganggarakan,serta nanti dapat terjadinya optimalisasi didesa Kebonagung.Jangan sampai program yang dibawa ini hanya jalan ditempat”Tutup Kepala Dinas.///

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.