Bersih Desa Ngampel Madiun Gelar Turnamen Sepak Bola “PSN CUP 1 2022”

by -955 Views
Wartawan: Suryadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Kades Ngampel Alfrius Tri Nugroho menyerahkan tropy Juara PSN Cup 1 untuk U-12 kepada Klub JFC dari Jombang. Foto: Suryadi/seblang.com
iklan aston

Madiun, seblang.com – Bersih Desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Bersih desa sebagai wujud rasa syukur warga Desa atas berkat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Untuk menopang kegiatan warisan budaya  Bersih Desa tersebut,  Pemerintah Desa Ngampel  bersama Persatuan Sepak Bola Ngampel {PSN) menggelar Turnamen PSN CUP 1 Tahun 2022 untuk kelompok umur 10,  12 dan 15 tahun. Turnamen yang pertama kali ini sekaligus sebagai sarana uji coba lapangan Desa Ngampel yang baru selesai direhab tahun 2021 yang berstandar nasional. Minggu (31/7/2022).

iklan aston

Seperti penjelasan Ketua Panitia Turnamen PSN CUP 1 Kasdi Hariyanto kepada awak media Seblang.com, ada sebanyak 16 klub sepak bola yang berasal dari Kabupaten dan Kota Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Kediri, Nganjuk serta Jombang yang ikut dalam turnamen ini.

Untuk Kelompok U-10 dan U-12, waktu pertandingan hanya berlangsung 2×10 menit tidak seperti pada pertandingan sepak bola pada umumnya. Peserta dibagi menjadi 4 group (A, B, C, D) dan bertanding di dua lapangan berbeda mulai babak penyisihan, semi final dan final. Sehingga keseluruhan pertandingan selesai satu hari ini. Untuk U-15 tempat pertandingan satu lapangan penuh.

Lebih lanjut Kasdi mengatakan mengenail jadwal pertandingan untuk U-10 tanggal 24 Juli 2022, U-12 tanggal 31 Juli 2022 dan U-15 mulai Tanggal 2 Agustus 2022.

“Untuk pemenang PSN CUP 1 2022 mendapatkan tropi dan uang pembinaan Juara 1 uang tunai Rp 1.000.000,00,  juara 2. Rp 500.000.00, Juara bersama 3 dan 4 sebesar Rp 250.00.00 jadi hadiah total uang pembinaan semuanya sebesar 2 juta rupiah,”tuturnya.

Hadir dalam pembukaan pertandingan U-12 pada hari ini Minggu, tanggal 31/7/2022, Kepala Desa Ngampel Alfrius Tri Nugroho dan Babinsa Sersan Agus Riyanto.

Di tempat terpisah Mbah Inug sapaan akrab Kades Ngampel pada media Seblang.com mengatakan latar belakang dan tujuan diadakan turnamen ini untuk memberikan manfaat kepada masyarakat atas hasil rehabilitasi lapangan Ngampel pada tahun 2021 yang bisa membuka dan menaikkan perekonomian. Ajang kompetisi atau pertandinganini untuk memberikan pembinaan pada anak-anak usia dini yang perlu kita binam sehingga nantinya akan muncul bibit-bibit baru pemain sepak bola yang handal dari Desa Ngampel khususnya menjadi pemain Nasional.

“Turnamen PSN CUP 1 ini sebagai sarana uji coba lapangan yang telah di rehab pada tahun 2021 berstandar Naional. Dengan harapan bisa memberi manfaat kepada masyarakat Desa Ngampel dalam membuka usaha atau UMKM di sekitar lapangan, “ ujar Mbah Inug.

“Ajang kompetisi sepak bola ini maksudnya untuk memberi pembinaan kepada anak-anak usia dini yaitu usia yang sangat perlu kita bina. Untuk mengembangkan sepak bola dalam artian pembinaan anak usia 10, 12  dan  15 tahun bisa berjalan dengan baik dan sepak bola di Ngampel khususnya bisa maju dengan baik dan pesat, memunculkan bibit baru Insya Allah untuk Tim Nasional Indonesia Tahun 2022, “ Pungkasnya.

Dalam acara pertandingan PSN CUP 1 2022 untuk U-12 berlangsung sangat antusias dari pendukung atau suporter-suporter dalam mendukung klubnya mulai pagi sampai sore. Akhirnya Juara Turnamen Sepak bola U-12 ini diraih Klub JFC Jombang setelah mengalahkan Benteng FC dari Ngawi dengan skor 3-0.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.