Cegah Penyebaran DBD Camat Glagah Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih dan Sehat

by -290 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Camat Glagah Nanik Machrufi bersama lurah dan kepala desa
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Camat Glagah Nanik Machrufi mengundang para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se Kecamatan Glagah untuk olahraga / senam bersama yang dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Mansyaul Huda Desa Paspan Kecamata Glagah Banyuwangi pada Jumat (29/07/2022)

Menurut Camat Glagah, maksud dan tujuan mengundang para Kades dan Lurah se Kecamatan Glagah adalah untuk bersama-sama mengajak warga masyarakat agar membudayakan hidup bersih dan sehat di lingkungan mereka masing-masing.

iklan aston

“Acara pagi ini diawali senam dulu di Kantor  Desa Paspan terus kerja bhakti disekitar Ponpes yang diasuh KH  Marfu’  Ali untuk bersama para santri kerja bhakti di lingkungan pondok  dan menyukseskan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sampai saat ini di Glagah tercacat 45 kasus,” jelas Nanik.

Camat berkacamata itu menuturkan program kegiatan olahraga / senam bersama yang dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan akan dilaksanakan secara kontinyu utama setiap hari Jumat dan berpindah dari satu desa ke desa yang lain.

Selanjutnya dia menambahkan karena untuk menangani kebersihan dan kesehatan lingkungan kemampuan pemerintah sangat terbatas, pihaknya menghimbau dan mengharap agar para Kamituwo atau Kepala Dusun (Kasun) dan Ketua RT di masing-masing  desa dan kelurahan untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dengan menggerakan warganya untuk kerja bakti dan menumbuhkan  budaya hidup bersih dan sehat.

Pada saat melakuan kerja bakti di lingkungan sekitar kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Mansyaul Huda, Camat yang didampingi Kepala PKM, Dokter dan beberapa staf Puskesmas, Kades Paspan melihat langsung kondisi Kamar Mandi (KM) siswa /siswi di Ponpes tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Camat Glagah dan Kepala Puskesmas Paspan memberikan bantuan bubuk Abate untuk ditaruh di jeding / kamar mandi untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang ada di KM siswa/siswa Ponpes  Mansyaul Huda.

Sambil bercanda Camat Glagah juga mengingatkan kepada para santri untuk mengurangi gantungan pakaian di kamar yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Dalam upaya mencegah dan menanggulangi penyebaran kasus  DBD di wilayah Glagah yang cukup tinggi maka perlu mengaktifkan kembali 3M yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, mulai Menguras,Menutup dan Mengubur. Gerakan 3M merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), “ imbuhnya.

Dengan ditemukannya kasus DBD di Glagah warga masyarakat tidak perlu merasa resah. Tetap lakukan olahraga secara teratur dan budayakan hidup sehat, apabila menderita sakit  deman lebih dari dua hari segera berobat ke pusat layanan kesehatan masyarakat apabila agar segera mendapat pengobatan dari petugas kesehatan.

“Terlebih dalam situasi memasuki musim panca roba dan adanya anomali cuaca saat ini. Untuk menangani hal tersebut diperlukan dukungan dan peran serta masyarakat untuk menekan kasus  DBD di wilayah Glagah,” pungkas Nanik Machrufi.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.