Pemkot Pasuruan Keluarkan Surat Keterangan Bebas PMK Bagi Pedagang Daging Sapi

by -548 Views
Wartawan: M. Bahrul
Editor: Herry W. Sulaksono
Salah satu pedagang Daging menunjukkan surat keterangan bebas PMK (Bahrul
iklan aston

Pasuruan, seblang.com – Di tengah merebaknya wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kaki), berdampak pada aturan penjualan daging sapi di Kota Pasuruan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan mengeluarkan aturan yang mengimbau para pedagang pasar menjual daging sapi yang dinyatakan aman dikonsumsi.

iklan aston

Daging yang aman dikonsumsi tersebut  dibuktikan melalui dengan surat keterangan bebas PMK. Berdasarkan pantauan, sejumlah pedagang daging di Pasar Besar Kota Pasuruan sudah dapat surat keterangan bebas PMK yang dikeluarkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pada Kamis (30/06/2022).

“Jika surat keterangan bebas PMK tersebut bisa didapat apabila pedagang membeli daging sapi yang disembelih di rumah pemotongan hewan (RPH),” ucap Eko Suryo selaku petugas pengawas barang beredar dan jasa Disperindag Kota Pasuruan, Jumat (01/07/22).

Eko menjelaskan, bahwa surat keterangan bebas PMK tersebut hanya dikeluarkan untuk daging sapi yang dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan dari dokter hewan.

“Untuk meyakinkan pembeli kalau daging sapi ini layak, para pedagang diimbau kalau beli daging sapi di RPH saja,” ujar Eko.

Masa berlaku Surat keterangan bebas PMK tersebut hanya selama 1×24 jam saja.

Jika sudah lewat masa berlaku, pedagang harus memperbarui dengan cara membeli daging sapi lagi di RPH.

“Di RPH disiagakan dokter yang tugasnya mengecek dan memberi rekomendasi kalau daging sapinya layak dikonsumsi,” ungkapnya.

Sementara itu, Faisol, seorang pedagang daging sapi di Pasar Besar mengaku sangat terbantu dengan adanya surat keterangan bebas PMK dari dinas.

Dengan surat itu, pihaknya bisa meyakinkan para pembeli yang kerap khawatir daging yang dijualnya tidak layak konsumsi.

“Alhamdulillah sekarang ada surat yang isinya daging sapi ini sehat dan aman dikonsumsi oleh manusia,” pungkasnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.