Ini Cara Pemuda LDII Banyuwangi Memperingati Hari Lahir Pancasila

by -726 Views
Pemuda LDII Kabupaten Banyuwangi dalam memperingati Hari Lahir Pancasila di Masjid Al Huda Jajag (Pondok Pesantren Arroyan) Desa Jajag Kecamatan Gambiran Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi , seblang.com – Ratusan Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Banyuwangi memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema “ Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’ di Masjid Al Huda Jajag (Pondok Pesantren Arroyan) Desa Jajag Kecamatan Gambiran Banyuwangi pada Rabu (01/05/2022).

Menurut KH Astro Junaidi, Ketua DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, selain dalam  memperingati Hari Lahir Pancasila, acara yang digelar merupakan salahsatu upaya dari LDII dalam memberikan bekal kepada generasi muda memahami dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menjauhkan anak bangsa dari radikalisme agama hingga nasionalisme yang sempit.

iklan aston

“Program yang kami laksanakan merupakan upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda yang dalam beberapa tahun terakhir semakin terkikis dengan fenomena globlalisasi sehingga perlu usaha dari semua pihak menumbuhkan rasa cinta tanah,” jelas H Astro.

Selanjutnya dia menuturkan dalam era digital seperti saat ini Pemuda LDII diharapkan mampu  menjadi pelopor dan tokoh moderasi dalam kehidupan beragama sekaligus sebagai agen perubahan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun Narasumber dalam acara tersebut adalah M. Lutfi, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) Banyuwangi yang memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan H. Mukhlis dari Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Banyuwangi yang memberikan materi tetang Moderasi Beragama.

Sementara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII dalam rilis yang diberikan kepada beberapa pihak antara lain mengungkapkan Setiap 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Sesuai Surat edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) No. 4/ 2022 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022, tema yang diangkat “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

“Tema Pancasila kali ini membawa kita merenungi ke arah mana peradaban dunia yang akan diwarnai bangsa Indonesia. Apakah peradaban itu hanya diukur berlandaskan kecanggihan teknologi atau akhlak bangsa,” ujar Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso.

Dia memaparkan, bangsa Indonesia untuk membangun peradaban dunia bukan hanya mengejar ketertinggalan teknologi, namun juga menjaga agar identitas bangsa yang berjiwa gotong-royong tidak pudar, “Inti dari Pancasila adalah gotong-royong, dan ini jadi karakter suku-suku bangsa di nusantara jauh sebelum Indonesia lahir,” jelasnya.

Menurutnya, sejak era kolonialisme sampai dengan saat ini, anak-anak bangsa seperti bimbang dipersimpangan jalan, antara modernisasi dan westernisasi, “Peralatan modern diciptakan bahkan diimpor, sementara gaya hidup Barat atau westernisasi hadir menghegemoni pola pikir masyarakat, tanpa disadari hal itu menggerus nilai-nilai gotong-royong dan sifat sosial,” imbuh KH Chriswanto.

Walhasil gaya hidup liberal yang mementingkan diri sendiri, membuat sebagian masyarakat tidak peka lagi pada kondisi bangsa, “Contoh yang kasat mata, adalah adanya pejabat yang korupsi dana bantuan sosial bagi penanganan wabah atau bencana, ini membuat kita berduka bercampur geram,” imbuhnya.

Untuk itu, peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”, juga harus dimaknasi membangun akhlak bangsa, “Dahulu kala ada penataran Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila atau P4, meskipun bagi anak-anak muda saat itu membuat jenuh, tapi mereka mengetahui nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Nilai-nilai itu, harus kembali digalakkan di sekolah-sekolah bahkan untuk penerimaan mahasiswa baru, “Namun yang paling efektif harus disertai prilaku Pancasilais dari para penyelenggara pendidikan, dari bahkan sampai Satpam penjaga gerbang sekolah sekalipun,” harap KH Chriswanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.