Upaya Cegah PMK Dengan Menggelar Temu Ternak Kambing Seni di Banyuwangi

by -577 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Acara Silaturahmi dan  Temu Ternak Kambing Seni se Banyuwangi yang digelar di lapangan Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi berjalan lancar dan sukses pada Minggu (29/05/2022).

Ratusan kambing Peranakan Etawa (PE) yang sangat sehat dan bersih-bersih serta biasa ikut kontes terlihat gagah berada di dalam kandang-kandang mewah yang tertata rapi di pinggir lapangan.

iklan aston

Menurut Asrudi, Kepala Desa (Kades) Telemung pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

“Atas nama kepala desa Telemung, kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan. Dengan gotongroyong dan kekompakan kita semua sehingga terselenggara acara ini,” jelas Asrudi.

Selanjutnya secara khusus dia menyampaikan terima kasih Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang sejak awal hari mendukung dan terlibat aktif dalam kelancaran dan kesuksesan kegiatan yang luar biasa.

Sonny T. Danaparamita,  anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso) mengungkapkan sejak awal memang terlibat dalam menggagas kegiatan silaturahmi dan Temu ternak Seni di Banyuwangi.

Ide dan gagasan muncul dari obrolan saat acara silaturahmi dan acara “nyencang bareng” yang dilakukan para peternak di sekitar Banyuwangi kota.

“Saya merasa sangat bahagia dan bangga dengan digelarnya acara temu ternak ini. Di tengah adanya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ruminansia, para peternak Banyuwangi justru menjadikannya sebagai momentum untuk merumuskan langkah bersama yang dapat mengatasi wabah,” jelas Sonny.

Panitia sengaja membatasi peserta temu ternak khusus bagi peternak Banyuwangi, penyuluhan kesehatan ternak dan pemberian vaksin bagi setiap ternak yang masuk di lokasi adalah langkah kongkrit kawan-kawan yang patut diapresiasi, imbuhnya.

“Dan saya semakin bersemangat ketika melihat drh. Amung, Dosen Unair di Banyuwangi mengajak para mahasiswanya untuk mendukung dan terlibat aktif dalam kegiatan ini”, tambah legislator senayan yang sangat akrab dengan para peternak.

Sebagai Kader PDI Perjuangan, lanjut Sonny  dirinya selalu mengikuti arahan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri yang sering mengingatkan para kadernya agar tidak muncul hanya saat menjelang pemilu saja. Tetapi dalam setiap waktu, Kader PDI Perjuangan harus selalu dekat dan berbaur dengan rakyat.

“Menyapa, menyerap, menghimpun , dan memperjuangkan aspirasi rakyat harus menjadi bagian dari keseharian kami. Jadi kalau saya berinteraksi dan menjadi bagian dari para peternak di Banyuwangi, itu semua karena  instruksi Ibu Ketua Umum yang selalu menugaskan kita untuk senantiasa solid bergerak bersama rakyat”, tambah Alumni Universitas Jember itu.

Dia menuturkan berpolitik bukan sekedar mencari suara dan berebut kekuasaan semata. Berjuang bersama peternak agar kesejahteraannya semakin baik. Selain itu juga berupaya agar negara dapat memenuhi kebutuhan daging dalam negeri tanpa impor.

Kegiatan silaturahmi dan Temu ternak Seni tersebut berlangsung mulai pagi hingga hampir tengah malam tersebut mendapat dukungan  dari Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Banyuwangi.

Selain sebagai wadah silaturahmi, penyuluhan kesehatan ternak, sharing pengalaman antar peternak, juga digelar kontes kambing seni yang mendatangkan para juri kambing kontes tingkat nasional.

Para peternak Banyuwangi berharap, dunia ternak kambing seni yang sempat lesu hampir dua tahun akibat pandemi dapat segera bangkit kembali.

Banyuwangi sendiri sesungguhnya memang memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan usaha ternak ruminansia.

Kemudahan pakan, kondisi alam dan cuaca yang sengat mendukung serta pasar yang  luas, adalah beberapa potensi besar bagi dunia peternakan di Banyuwangi. Termasuk untuk kambing seni.

“Apalagi di Banyuwangi, ketersediaan pakan yang cukup melimpah ditambah dengan cuaca yang juga baik, adalah potensi  yang sangat menjanjikan bagi pengembangan usaha ternak kambing di Banyuwangi. Untuk itu, saya berharap bahwa potensi ini benar benar dapat kita manfaatkan dan selalu mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk pemerintah kabupaten Banyuwangi,” pungkas Sonny.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.