Pemuda Karang Taruna Tambaan Sulap Sampah Jadi BBM

by -617 Views
Pemuda karang taruna saat melakukan olahan sampah menjadi BBM (bahrul)
iklan aston

Pasuruan, seblang.com – Siapa sangka, tumpukan sampah plastik yang kerap mengotori pesisir laut Pasuruan, ternyata bisa dimanfaatkan jadi bahan bakar minyak (BBM) alternatif.

Seperti kelompok pemuda Karangtaruna asal Kelurahan Tambaan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan tergerak mengumpulkan sampah plastik yang dibuang ke laut.

iklan aston

Nouvel Zabidin (22), anggota Karangtaruna Kelurahan Tambaan menuturkan, untuk mengolah sampah plastik jadi bbm harus dibakar menggunakan mesin destilator

“Mesin destilatornya kita dapat bantuan dari Universitas Brawijaya. Waktu itu kami sampaikan banyak sampah plastik di pesisir sini, kemudian diberi mesin pengolah sampah jadi BBM,” kata Nouvel, Senin (30/05/22).

Ia menjelaskan, setiap sampah plastik yang dibakar ia membutuhkan 30 kilogram sampah plastik untuk sekali prosesnya. Dan akan berubah menjadi uap dan akan diekstrak menjadi minyak.

“Dari 30 kilogram sampah plastik, nanti bisa jadi 7 liter BBM. Yakni 5 liter solar, 1 liter premium dan 1 minyak tanah,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan puluhan kilo sampah plastik, pemuda setempat harus menggelar kerja bakti rutin di pesisir pantai tiap minggunya. Selain itu, mereka juga memanfaatkan sampah plastik limbah rumah tangga yang dikumpulkan di bank sampah setempat.

“Sampah plastiknya juga tidak sembarangan, yang bisa diolah cuma kresek dan botol plastik, kalau bungkus plastik  yang ada alumunium foilnya ndak bisa,” jelasnya.

Sementara itu, Bustanul Ulum (22), anggota karangtaruna yang lainnya, menjelaskan jika sampah plastik harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran. Sampah plastik juga dijemur selama satu minggu hingga benar-benar kering, dan baru sampah plastik  dibakar melalui mesin destilator.

“Setelah dibakar 4 sampai 5 jam, nanti uapnya menetes dan otomatis dipisah jadi solar, premium dan minyak tanah,” ucap Ulum.

Ia menambahkan, untuk bbm alternatif jenis premium baru bisa digunakan di sepeda motor setelah disaring dan ditambahkan peningkat oktan. Sementara untuk bbm jenis solar langsung bisa digunakan setelah disaring.

Oleh karenanya, dia berharap kedepannya para nelayan di pesisir Pasuruan bisa memanfaatkan solar alternatif tersebut untuk melaut.

“Sementara ini masih dipakai bahan bakar motor teman-teman karangtaruna.  Rencananya bisa dipakai buat bahan bakar kapal nelayan dengan cara tukar dengan sampah plastik,” pungkasnya.///

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.