Waspada Wabah PMK, Walikota Blitar bersama Forkopimda Melakukan Pemantauan Lalu Lintas Ternak di Pasar Hewan Dimoro

by -529 Views
Wartawan: Kevin
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Blitar , seblang.com – Walikota Blitar bersama Forkopimda Kota Blitar melakukan pemantauan lalu lintas ternak di Pasar Hewan Dimoro. Hal itu dilakukan untuk mencegah Wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Termasuk juga pada hewan ternak yang diperjual belikan di pasar hewan tersebut.

“Untuk mencegah wabah PMK, kami melakukan pemantauan di Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar,” ujar Walikota Blitar, Santoso saat ditemui di Pasar Hewan Dimoro, Selasa (17/05/2022).

iklan aston

Santoso mengatakan, seluruh hewan ternak yang akan masuk ke Pasar Dimoro dipastikan sehat terlebih dahulu. Termasuk penyemprotan disinfektan kendaraan yang mengangkut hewan ternak. Setelah itu pemeriksaan kesehatan hewan ternak baru dilakukan.

“Untuk pemeriksaan kesehatan hewan sudah disiapkan petugas dan dokter hewan. Ini untuk memastikan tidak ada hewan yang terkena penyakit,” katanya.

Dan dari 400 ekor sapi yang disemprot disinfektan dan pemeriksaan, tidak ditemukan hewan ternak yang terjangkit wabah PMK.

“Semua hewan ternak di sini aman. Tidak ada yang kena PMK. Yang jelas tetap harus dipastikan sehat dulu, sebelum masuk ke Pasar Dimoro,” tegasnya.

Terpisah, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono menyebutkan, pihaknya juga telah melakukan razia maupun pengecekan ke sejumlah peternak di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Hal itu dilakukan guna memastikan tidak ada hewan ternak yang terjangkit PMK.

“Kami bersama dengan jajaran lainnya sudah membuat satgas PMK. Untuk itu para pedagang hewan ternak harus menunjukkan dokumen sebelum masuk pasar,” pungkasnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.