Banyuwangi Lakukan Persiapan Songsong Liburan Panjang dan Hari Raya Idul Fitri

by -726 Views
Yanuarto Bramuda, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam menyongsong liburan panjang dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi sudah melakukan berbagai persiapan salah satunya membangun komunikasi dan koordinasi dengan para pengelola destinasi wisata dan hotel yang ada di wilayah Banyuwangi.

Menurut M .Yanuarto Bramuda, Kepala Disbudpar Banyuwangi liburan yang cukup panjang tahun ini merupakan kali pertama setelah ada pelonggaran dari pemerintah. Sekitar dua tahun pemerintah melakukan kebijakan pengetatan dan pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah dan menangguangi penyebaran pandemi Covid 19.

iklan aston

Dia menuturkan  dalam pertemuan dengan pengelola destinasi wisata dan hotel ada beberapa kesepakatan yang dibuat dalam menyongsong liburan tahun ini. Kesepakatan tersebut  antara lain; tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan ada tambahan hiburan menarik yang berbeda setiap hari di destinasi wisata yang ada sehingga tidak terjadi pengunjung di satu destinasi.

“ Untuk itu kami akan memberikan informasi agar masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi mengetahui agenda yang bisa menjadi pilihan dalam mengisi liburan bersama keluaaga dan kerabat pada tahun ini,” jelas Kadis Disbudpar yang akrab disapa Bram itu.

Selain sebagai upaya mencegah terjadi penumpukan di satu destinasi wisata dengan strategi yang diterapkan dia berharap mampu menjadi daya tarik bagi orang untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada.

Selanjutnya Bram menambahkan bagi warga yang akan berwisata, salahsatu syarat wajibnya adalah orang tersebut sudah mendapatkan vaksinasi tahap kedua.” Persyaratan tersebut akan kami publish dengan harapan mampu mendorong warga untuk segera melakukan vaksinasi,” tambahnya.

Sedangkan destinasi wisata Banyuwangi yang diprediksi akan menjadi favorit masyarakat dalam mengisi liburan panjang dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini adalah; Wana Wisata Gunung Ijen, Pulau Merah, Bangsring Underwater, de Djawatan dan Grand Watudodol (GWD).

Lebih lanjut Bram memprediksi jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Banyuwangi dalam akhir pekan bisa mencapai 30 – 40 ribu orang, meskipun dalam kondisi normal bisa mencapai sekitar 80 ribu pengunjung.

“Dengan estimasi 50 persen dibandingkan jumlah pengunjung dengan kondisi normal kami kira jumlah kunjungan tersebut sudah cukup bagus,” pungkasnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.