DPRD Kabupaten Blitar Puji Inovasi Pelayanan ‘Lapak Sarah’ yang Dibuat Dispendukcapil

by -1606 Views
Wartawan: Kevin
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Blitar, seblang.com – Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar memuji langkah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar yang terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, Dispendukcapil meluncurkan inovasi Lapak Sarah untuk menyempurnakan layanan adminduk di tingkat desa/kelurahan, Selasa (19/04/2022).

Lapak Sarah merupakan layanan untuk menyempurnakan program ‘Salam Sak Jangkah’ yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hadirnya program ini benar-benar memberikan kemudahan. Kini masyarakat di Kabupaten Blitar bisa mengurus adminduk cukup di tingkat desa/kelurahan

iklan aston

Meskipun program Salam Sak Jangkah berjalan sukses, Dispendukcapil tidak berpuas diri. Serangkaian inovasi baru terus diluncurkan untuk menyempurnakan program ini.

“Lapak Sarah ini inovasi yang bagus sekali. Wujudnya perangkat lunak atau aplikasi yang dioperasikan petugas registrasi desa/kelurahan. Dan hadirnya Lapak Sarah ini akan membuat masyarakat yang tidak familiar dengan android tidak harus meninggalkan pekerjaannya. Proses pengurusan adminduk di kantor desa akan berjalan cepat. Inilah inovasi yang dibutuhkan hari ini untuk membahagiakan masyarakat,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib.

Mujib menambahkan, pihaknya menghimbau kepada Dispendukcapil Kabupaten Blitar agar kedepannya lebih gencar menyosialisasikan Lapak Sarah kepada masyarakat secara luas. Harapannya masyarakat bisa cepat familiar dengan layanan baru ini.

“Sosialisasi harus gencar dilakukan. Tujuannya agar masyarakat sadar dan tahu bahwa pelayanan adminduk di Kabupaten Blitar sekarang ini benar-benar cepat, dekat lan ora ragat,’’ tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Suwandito mengatakan, Lapak Sarah telah disosialisasikan Dispendukcapil dalam rapat koordinasi bersama seluruh petugas registrasi desa/kelurahan beberapa waktu lalu. Dalam rakor ini, seluruh petugas registrasi desa diberi pembekalan terkait dengan cara kerja Lapak Sarah. Hadirnya Lapak Sarah diharapkan ke depan pelayanan adminduk di Kabupaten Blitar semakin cepat dan lebih memuaskan masyarakat.

“Lapak Sarah ini wujudnya bukan fisik. Wujudnya perangkat lunak berbentuk aplikasi. Yang mengoperasikan adalah petugas registrasi di tingkat desa/kelurahan. Cara kerjanya, dokumen yang diurus di tingkat desa tinggal upload saja di aplikasi ini dan kami di kantor pusat langsung memprosesnya. Proses pelayanan dan penerbitan dokumen jadi lebih cepat,’’ kata Suwandito.

Setelah itu, aplikasi Lapak Sarah langsung diberikan kepada 248 desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Blitar. Suwandito memastikan aplikasi Lapak Sarah seluruhnya sudah terinstal dan pelayanan Lapak Sarah saat ini sudah berjalan dan dapat diakses di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

“Lapak Sarah sudah berjalan dan nanti akan dilaunching secara resmi oleh Ibu Bupati Rini Syarifah. Dan kita monitoring terus perkembanganya. Kita juga akan evaluasi, untuk mengetahui apa saja kendala atau kekurangannya,’’ pungkasnya.//

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.