BPBD Banyuwangi Kini Memiliki Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami Canggih

by -433 Views
Kasi Pencegahan BPBD Banyuwangi saat mengoperasikan alat pendeteksi bencana gempa dan tsunami. (febri)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, memiliki warning receiver system new generation (wrs new generation) alat  pendeteksi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Kasi Pencegahan BPBD banyuwangi, Yusuf Arif mengatakan Alat tersebut merupakan Aset dari Badan Meteorologi klimatologi Geofisika (BMKG) pusat Receiver System (WRS).  Alat ini dioperasikan mulai tahun 2021.

iklan aston

“Tepatnya awal tahun yaitu bulan Februari tahun 2021, pas waktu masanya Bapak Kadir (sebagai Kepala BPBD),” katanya, saat dikonfirmasi, Senin (17/01/2022).

Menurutnya, alat tersebut berfungsi mendeteksi titik gempa hingga gempa yang berpotensi tsunami, bila mana terjadi gempa dengan magnitudo tertentu yang berpotensi tsunami, maka akan terbaca di alat tersebut.

“Kita akan mengetahui daerah mana saja yang akan terdampak dan status peringatan di daerah itu, serta perkiraan waktu kedatangan tsunami,” ungkapnya.

Sementara itu, Sirine early warning system (EWS) alat ini juga bisa mendeteksi bencana yang ada di luar kota maupun seluruh Indonesia selama gempa tersebut dapat terdeteksi oleh peralatan mereka.

Kemudian, alat tersebut terkoneksi dengan alat deteksi gempa BMKG di seluruh Indonesia. Jika terjadi gempa di titik tertentu, sirine early warning system (EWS) atau alat deteksi dini bencana tsunami akan dibunyikan

“Sirine berbunyi jika terjadi baik gempa tidak berpotensi tsunami, begitu pula jika gempa itu berpotensi tsunami. Bila berpotensi tsunami, kita akan membunyikan sirine EWS yang sudah dipasang di beberapa titik,” katanya.

Yusuf menambahkan, Peralatan sirine EWS di Kabupaten Banyuwangi terpasang di antaranya di wilayah Muncar, Pancer, dan Grajagan.

Namun, Untuk antisipasi kebencanaan, BPBD Banyuwangi sendiri terus menyosialisasikan antisipasi bencana melalui program mitigasi, salah satunya dengan memperluas jaringan desa tangguh bencana (Destana).

Imbauan kepada masyrakat, Jika berpotensi tsunami maka untuk melakukan evakuasi mandiri secepatnya berdasarkan informasi dari alat WRS New Gen ini. ///

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.