Musrenbangdes Desa Yosomulyo Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

by -512 Views
Suasana Musrenbangdes Yosomulyo (nurhadi/ istimewa)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah terus fokus berupaya melakukan pencegahan dan penggulangan peningkatan penyebaran Covid-19. Disisi lain pemerintah juga berusaha menggerak  perekonomian yang sangat terdampak pandemi yang terjadi sampai saat ini.

Dalam gelaran Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021 yang diselenggarakan Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran dilaksanakan di Balai Desa setempat dihadiri dua anggota DPRD Banyuwangi, Rabu ( 29/9/2021)

iklan aston

Emi Wahyuni Dwi Lestari, Ketua Komisi III DPRD Banyuwangi yang hadir pada agenda tahunan itu, menuturkan, seyogyanya  Musrenbangdes harus bersinergi dengan apa yang dicanangkan oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bahwa keselamatan dan ketahanan ekonomi masyarakat merupakan prioritas utama pemerintah pasca Covid.

“Pada dasarnya anggaran ini, harus bisa dialokasikan pada pemulihan ekonomi pasca Covid, selain juga untuk infrastruktur,” jelas politisi perempuan asal Gambiran itu.

Musrenbangdes, lanjut Emi, merupakan agenda musyawarah tahunan dalam rangka menyusun rencana kerja pemerinta desa (RKPDES), tahun 2022, dan menyusun Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintahan Desa  (DU RKPDes) tahun 2023.

Selanjutnya srikandi asal Partai Demokrat itu juga berharap agar dalam Musrenbang Desa ada skala prioritas yang bisa dicapai untuk pemulihan ekonomi pasca-covid di Desa Yosomulyo.

Tahun ini, banyak aspirasi yang dikawal dalam pelaksanaan pembangunan Desa Yosomulyo, sebagai kebutuhan masyarakat dan mensukseskan program pemerintah, berjalan dengan sukses dan sesuai harapan.

Anggota dewan lain yang hadir,  Yayuk Banar Sri Pangayom anggota DPRD Fraksi PDI-Perjuangan, mengungkapkan dalam Musrenbangdes Yosomulyo ini, permasalahan dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik. Sehingga bisa dilakukan tindakan  jelas dan layak menurut skala prioritas dan sebagai dasar program kerja pemerintah desa.

Kepala Desa Yosomulyo Drs. Joko Utomo Purniawan menyampaikan ucapan terimasih kepada para wakil rakyat khususnya yang berasal dari Dapil 4 Banyuwangi yang selalu mesnuppotrt dan membantu pembangunan desa Yosomulyo.

‘ Pada masa pandemi ini, pembangunan infrastruktur mungkin tidak akan berhasil jika tidak dibantu pokir anggota dewan. Meskipun domainnya pada pemerintah desa, namun keterlibatan dan partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pemcapaian dari indikator pembangunan,” jelas Alumni Fisip Universitas Jember itu.

“Terima kasihBu Emi dan Bu Yayuk,  hari ini juga masih ada proses pengaspalan jalan di jalur gardu induk PLN Dusun Sidotentrem,” pungkas Joko

Selain dihadiri anggota DPRD Banyuwangi, Emi Wahyuni Dwi Lestari dari Partai Demokrat, Yayuk Banar Sri Pangayom dari PDI-Perjuangan, gelaran Musrenbangdes Yosomulyo juga dihadiri Plt Camat Gambiran, Kapolsek dan Danramil 0825/06 Gambiran serta beberapa undangan lain.

Penulis : Nurhadi

Editor : Herry W. Sulaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.