Gunung Raung Keluarkan Asap Putih Setinggi 50 Meter dari Kawah

by -367 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pantauan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA), Gunung Raung kembali mengeluarkan asap putih 50 Meter dari dalam kawah.

Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, visual Raung pada Jumat (24/9/2021), teramati asap putih  dengan tinggi 50 meter dari kawah.

iklan aston

Menurutnya, asap putih tersebut terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

“Asap putih itu keluar dari dalam gunung setinggi 3332 meter di atas permukaan laut (mdpl),” katanya Jumat (24/092021).

Menurut Burhan, asap itu akibat adanya reaksi gas dengan air yang berada di dalam kawah Gunung Raung. Kondisi tersebut, sudah terjadi beberapa kali sejak penurunan status Gunung Raung dari level II waspada ke level I normal pada Agustus 2021 lalu.

Perubahan status tersebut dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM RI melalui laporan elektronik dengan nomor 268.Lap/GL.03/BGV/2021 tertanggal 9 Agustus 2021.

“Sudah beberapa kali, hanya saja tidak terlihat kalau pas gunung berkabut atau asap tidak mencapai di atas kaldera,” terangnya.

Gunung Api Raung terletak di tiga perbatasan Kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Kabupaten Jember, Jawa Timur. (feb/hei)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.