Ritual Suroan SHPJ Digelar Sederhana

by -1348 Views
Foto : Isi tumpeng dibagikan ke warga (yud)
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Nguri – uri budaya jawa, paguyuban Sastro Jendro Hayuningrat Pangruwate Jagat (SJHP) Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, laksanakan serangkaian ritual di Bulan Suro, Selasa (07/09/2021)

Ki Suwoko Aji pelaksana kegiatan memamparkan, kegiatan Bulan Suro tahun ini digelar dengan prokes ketat. Kegiatan diawali dengan doa bersama, ritual grebeg tumpeng, ditutup dengan ritual semedi bersama tepat di malam 30 Suro.

iklan aston

Menariknya, tumpeng suro yang biasanya dikirap tahun ini tidak diarak. Isi tumpeng tersebut usai dilakukan doa bersama kemudian dibagi – bagikan kan ke warga yang hadir, dan dibagikan ke rumah – rumah warga sekitar padepokan SHPJ.

Sebenarnya menurut Ki Suwoko Aji, seharusnya tahun ini ritual suroan bisa dilaksanakan dengan ritual yang lebih besar, karena tahun ini masuk Tahun Alif atau Tahun Agung dikalender Jawa Tahun 1943 Saka, atau 1443 H, karena covid belum reda, ritual tetap kami laksanakan dengan sederhana dengan membuat 7 tumpeng dan 5 jenang sebagai penggantinya.

Ritual tersebut menurut Ki Suwoko Aji, sebagai wujud rasa syukur seluruh Putro Wayah padepokan yang didirikan Ki Rustam Aji kejuluk Ki Ageng Gondo Kusumo. Ritual digelar dengan harapan seluruh putro wayah dan masyarakat selalu dijauhkan dari marabahaya, wabah penyakit, dan selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa, dalam menjalankan kehidupan keseharian.

“Itu harapan kami. Semoga aktivitas perkonomian warga kembali normal seperti sediakala,” pungkas Ki Suwoko Aji. (yud/hei)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.