Diknas Pendidikan Cabang Banyuwangi Persiapkan SMA/SMK untuk PTM Terbatas

by -358 Views
Istu Handono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi seblang.com – Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) negeri swasta di Kabupaten Banyuwangi sesungguhnya sama dengan sekolah di kabupaten/kota yang lain. Yaitu mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 30 Tahun 2021, Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Menurut Istu Handono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Banyuwangi dalam etika birokrasi kami tetap menunggu arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

iklan aston

“Oleh karena itu, yang kami lakukan sekarang tetap mendorong kesiapan sekolah untuk sewaktu- waktu perintah atau juknisnya terbit maka kami siap,”jelas Istu seusai pengukuhan Paskibraka Banyuwangi Tahun 2021 di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi.

Selanjutnya dia menuturkan langkah yang dilakukan Cabang Dinas Pendidikan Banyuwangi sekarang adalah berupaya semaksimal mungkin melakukan vaksinasi terhadap siswa-siswa SMA/ SMK negeri maupun swasta.

Kemudian yang kedua pihaknya juga menavigasi sekolah untuk menyiapkan komponen-komponen. komponen sumber daya manusia (SDM) , komponen sarana prasarana (Sarpras), komponen kurikulum dan komponen siswanya.

“Sehingga dengan komponen-komponen yang telah disiapkan itu pada saatnya nanti kita mulai menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dengan tidak terburu-buru artinya sudah siap,”imbuh mantan Kepala Sekolah SMA N 1 Banyuwangi itu.

Lebih lanjut dia menambahkan saat ini pihaknya membuat ceklis atau pendataan kesiapan sekolah apabila pemerintah memutuskan untuk menggelar PTMT bagi SMA/SMK negeri maupun swasta.

“Sekolah yang sudah siap maka kami data dan diberikan kesempatan lebih dahuluuntuk menyelengarakan tatap muka. Prioritasnya untuk SMK itu pada mata pelajaran yang praktek. Sedangkan SMA mata pelajaran peminatan IPA maupun IPS . Kemudian kami juga menekankan pada siswa kelas 10 karena masih baru dan siswa kelas 12 yang harus melakukan model pembelajaran blended learning,”pungkas Istu.(Nurhadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.